2

Menyusun Konten LMS : Digital Konten (0)

Elisa Kristiyanti April 9, 2021
Pekan Webinar dengan tema “Pembelajaran Unggul untuk Menyiapkan Generasi Milenial dengan Mengoptimalkan LMS” oleh Universitas Dinamika dan Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM).

Pembicara : Ibu Tri Sagirani, S.Kom., M.MT.

Synchronous Learning

Synchronous learning hampir mirip dengan pembelajaran tata muka seperti biasa saat offline, terjadwal dengan waktu yang telah ditentukan, hanya saja synchronous learning saat ini dilakukan di dalam jaringan (daring). Media yang bisa digunakan antara lain webex, zoom, google meet, dan team microsoft. Beberapa hal penting dalam synchronous learning harus memperhatikan hal-hal berikut :

Mengenal Audience : mengenal audience dengan melakukan interaksi melalui sapaan kepada peserta didik. Berikan pertanyaan ringan yang tidak harus berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.

Membangun rules : membangun rules di awal pertemuan untuk mengetahui aturan main dalam kelas. Kelas online mengusung konsep pembelajaran offline saat di kelas. Ada kesepakatan yang harus disepakati bersama di awal pembelajaran.

Mengenal platform/tools : dalam synchronous learning harus mengenal tools dari platform yang digunakan untuk kelancaran proses pembelajaran dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sadar Audio : selalu memastikan audio tetap terdengar dengan baik oleh audience.

Sadar kamera : untuk memperhatikan setiap hal yang akan terlihat di kamera. Pastikan yang ditampilkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan konsep pembelajaran

Membangun interaksi : meskipun synchronous learning tetap harus membangun komunikasi. Dapat menambahkan teks dll, dengan menggunakan/memanfaat tools yang ada di platform yang digunakan.

1 2 3

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar