6

Menyesal Baru Mengenal Guraru (0)

AfanZulkarnain January 17, 2021

Tulisan ke-25 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

17 Januari 2021. Itu artinya sudah sebulan sejak aku memposting tulisan di komunitas ini untuk pertama kalinya.

Guraru. Komunitas guru yang membuat pikiranku terbuka. Komunitas ini juga membuatku belajar banyak hal yang dapat bermanfaat untuk profesiku sebagai pengajar. Komunitas ini membuatku terus berpikir, selama ini aku belum melakukan apa-apa seperti yang dilakukan Bapak Ibu guru lainnya.

November 2020, aku mendapatkan informasi mengenai lomba menulis kisah awal menjadi guru. Aku yang seorang kuter alias kuis hunter, langsung tertarik untuk mengikutinya. Saat itu aku belum tahu persis penyelenggaranya. Yang penting aku ikuti saja petunjuk mengikuti lomba.

29 November, aku menuliskan ceritaku di laman facebook Guraru. Aku melakukannya dengan hati-hati, dari penggunaan diksi hingga foto yang dapat melengkapi ceritaku. Namun dasarnya kuter, setelah mengikuti lomba, langsung lupa. Berharap menang,sih iya. Tapi, aku selalu berusaha nothing to lose saja. Aku selalu berpikir seperti itu saat mengikuti lomba. Yang penting berpartisipasi, menang kalah urusan nanti.

Sekitar tanggal 8 atau 9 Desember (tepatnya aku lupa), di beranda facebook terbaca keikutsertaan seorang teman dalam laman guraru. Iseng ,dong aku membacanya. Ternyata setelah membaca postingan teman tersebut, aku menjadi lebih tertarik dengan postingan-postingan yang lain. Munculah rasa penasaran, “sebenarnya guraru ini seperti apa,sih?”

Ternyata ada web tersendiri dimana semua guru di Indonesia dapayt bergabung sebagai anggotanya. Isenglah saya mendaftar. Kurang lebih dua atau tiga hari saya mempelajari fitur-fitur dalam Guraru. Menarik,nih. Aku bisa menggunakannya untuk menampuang tulisan-tulisanku.

Aku selalu bercita-cita menjadi penulis. Aku berpikir Guraru-lah wadah bagiku untuk berkarya. Setelah Aku memposting satu tulisan, aku selalau membagikan linknya ke teman-temanku, lewat pesan WA. Alhamdulillah, aku selalu mendapatkan masukan dari mereka.

“Van, tulisanmu kurang feel,nih.” atau “Kayaknya untuk paragraf ini lebih baik menggunakan kalimat seperti ini deh” atau kalima lainnya yang selalu mereka sampaikan. Itu membuatku senang.

Aku semakin senang tatkala ada komentar dalam setiap postinganku. Entahlah, komentar-komentar dari Bapak Ibu guru anggota Guraru membuat semangat menulisku semakin membara. Alhamdulillah, senangnya mendapatkan kawan seperjuangan di dunia pendidikan lewat komunitas ini. Meskipun pertemannya lewat dunia digital.

Aku pun kerap membaca setiap postingan yang menjadi trending. Artikel-artikel yang luar biasa. Sempat aku membaca suatu artikel yang sangat menarik. Cara membuat aplikasi kuis untuk siswa. Aku membacanya dengan teliti dan mengikuti langkah-langkahnya. Meskipun sampai sekarang aplikasi permainanku tersebut belum terealisasi, tapi aku senang karena setahap lebih mengerti. Membuat games pelajaran untuk siswa adalah salah satu keinginanku sejak dulu. Artikel tersebut memberikupengetahuan baru.

O,ya begitu terkejutnya aku saat tahu bahwa artikel tersebut di posting di guraru pada tahun 2013 atau 2014, tepatnya aku lupa. Setelah itu aku baru mengerti, komunitas ini sudah ada sejak lama.

Lalu kemana saja aku selama ini? Kenapa baru mengenal Guraru sekarang? Ah…aku jadi menyesal kenapa baru bergabung sekarang. Coba dari dulu gabung guraru hehehe

Terima kasih Guraru, sebagai wadah literasi para guru untuk saling berbagi inspirasi.

Comments (6)

  1. Saya jg menyesal baru mengenal guraru bbrp minggu kmrn. Pdhl sdh dr lama saya berharao bs bergabung dgn komunitas para guru, dengan harapan bs mendapatkan ilmu2 baru. Berawal dri iseng iseng berselancar di facebook tnp sengaja membaca iklan mengenai guraru. Awalnya penasaran, hingga akhirnya memutuskan utk mencari tau lbh lanjut mengenai guraru, dan Alhamdulillah ternyata inilah komunitas yg saya Cari cari selama ini. Aplg stlh melihat2 profil para rekan disini trnyata merupkan para penulis hebat.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar