1

Menulis Momen Spesial Saat Mengajar (0)

wijaya kusumah April 5, 2020

PERTEMUAN KEENAM

MENULIS MOMEN SPESIAL SAAT MENGAJAR

 Bapak Munif Chatib

Pada pertemuan keenam ini ada yang berbeda daripada pertemuan yang sebelumnya. Pertemuan keenam ini dengan pemateri bapak Munif Chatib disajikan dengan menggunakan media Video Youtube dari bapak Munif Chatib. 

Bapak munif chatib menceritakan , bahwa sebagai guru kita sering tidak menyadari adanya suatu momen spesial yang terjadi di saat kita sedang melaksanaan tugas kegiatan belajar di dalam kelas. Momen spesial itu sering kita lewati begitu saja. padahal moment special jika kita tulis akan menjadikan sebuah tulisan yang sangat spesial. Karena setiap moment itu sangatlah berharga bagi sebuah karya tulis. 

Dalam penjelasannya, Bapak Munif Chatib menguraikan :

Special Moment Dapat Mendatangkan Berkah Bila Guru Tahu Rahasianya

Kunci pokok untuk mendapat special moment, adalah kepekaan guru dalam mengajar dan memperhatikan siswanya.

Momen spesial menjadi pintu masuk ke Memori Jangka Panjang tak terlupakan seumur hidup. Momen spesial adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa baik di kelas maupun di luar kelas. 

Momen spesial meliputi : 

  1. Perubahan motivasi 

    Semula tidak berminat menjadi berminat atau sebaliknya.

  1. Perubahan kemampuan

     Semula tidak mampu menjadi mampu, atau sebaliknya

  1. Perubahan sikap

    Semula tidak rajin menjadi rajin atau sebaliknya.

 

Tahapan menulis momen spesial :

  1. Catat / rekam kejadian momen spesial saat terjadi, jangan ditunda
  2. Elaborasi, mencari data-data pendukung terhadap momen spesial. Data fakta, atau bertanya, imajinasi.
  3. Menulis dalam bentuk artikel bebas.

Cara menulis momen spesial menurut Bapak Munif Chatib:

  1. Untuk awal tulis saja semampu kita tanpa kita khawatir salah dalam kaidah penulisan
  2. Tuangkan semua kejadian spesial ke dalam tulisan kita
  3. Guru harus bisa memainkan 3 peran yaitu menjadi guru, orang tua dan sahabat bagi siswa
  4. Setiap kejadian di kelas adalah cerita spesial bagi seorang guru.
  5. Saya semakin termotivasi untuk menulis

 

Mengapa Memori Special Masuk Ke Memori Jangka Panjang?

Ada 5 pintu pembuka.

  1. First experience. Apapun kejadian atau pengalaman pertama pada siswa, itu menjadi memori jangka panjang. Misalnya semua pengalaman kita tentang apa saja pasti kita tidak akan lupa sampai saat ini.
  2. Relevance. Relevance adalah kejadian-kejadian yang berhubungan antara topic materi dengan kondisi siswa. Jadi antara materi dan keadaan siswa sangat berhubungan erat. Misalnya saja materi yang kita sampaikan berbeda bahkan tidak sesuai dengan kondisi siswa, maka kejadian atau materi itu langsung dilupakan. 
  3. Rehearsal (diulang-ulang). Misalnya saja kita membaca Surah Al-Fatihah (bagi muslim) sampai diluar kepala, karena setiap sholat kita membacanya. Begitu juga dengan  materi, jika kita terus-menerus mengulangnya maka materi itu menjadi memori jangka panjang.
  4. Emotional (perasaan).Perasaan yang dimaksud adalah perasaan seseorang, baik perasaan bahagia, takut, beci, panic, terkejut, dan lainnya. Biasanya proses pembelajaran yang memiliki muatan emosional maka akan masuk memori jangka panjang.
  5. Survival. Bagaimana mengajar yang mengandung unsur bertahan dalam hidup. Masalah atau hambatan dalam hidup itu pasti. Namun bagaimana kita menyelesaikan masalah itu. Cara kita dalam menyelesaikan masalah tersebut yang akan menjadi memori jangka panjang.

 

 

1,052 total views, 26 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : [email protected]

View all posts by wijaya kusumah →

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar