8

Menjinakkan Tetikus di 9 Kecamatan (+4)

Umar Tholib May 19, 2015

Laju kemajuan TIK sudah merayap kesemua kalangan, tak terkecuali seorang guru . Mereka sekarang banyak dituntut dengan laporan serba online, mulai dari pengiriman identitas diri melalui situs PADAMU NEGERI, hingga Uji Kompetensi Guru yang juga menggunakan fasilitas internet. Dengan tuntutan sebagaimana di atas memotivasi guru untuk mau tidak mau belajar IT seiring dengan predikatnya sebagai guru profesional dibidangnya.

Menyadari hal tersebut, penulis berusaha merangkul instansi dinas hingga disepakati ada 9 kecamatan dari 21 kecamatan di kabupaten Lumajang yang ingin mengadakan diklat berbasis TIK Workshop dengan tema “Pemanfaatan ICT untuk Kegiatan Pembelajaran”  kesemuanya itu  dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme seorang guru.

WORKSHOP

Kegiatan penulis dalam beberapa diklat TIK

Kegiatan semacam ini cukup diminati oleh para peserta, terbukti selama dalam pelaksanaan peserta cukup gayeng mengikutinya. Para narasumber dibantu panitia melayani sepenuh hati para guru dimulai dari membuka laptop hingga menggunakan aplikasi yang ada di dalamnya. Semuanya asyik belajar tidak peduli usia. Yang tua tanpa malu-malu mau bertanya kepada yang muda terutama tentang seputar masalah pengoperasian laptop hingga bagaimana “menjinakkan” mouse.

belajar TIK

Beberapa materi penting kegiatan workshop ICT ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Pengenalan Aplikasi Perkantoran.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tips dan trik cara cepat mengunakan aplikasi perkantoran dengan berbagai tombol pintas, sehingga dapat menghemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Pemanfaatan powerpoint untuk media pembelajaran

Dalam kegiatan ini peserta diharapkan mampu mengembangkan lebih jauh software Microsoft ini, yaitu dengan memasukkan beberapa add ini misalnya ispring, flash, VBA dll sehingga tampilan slide lebih interaktif dan menyenangkan.

  1. Pengenalan Internet Sehat

Internet dengan segi positif dan negatifnya sudah merambah seantero nusantara, oleh sebab itu perlu diperkenalkan bagaimana cara memfilter konten-konten negatif yang biasanya muncul dan mengganggu disaat kita berselancar.

Kegiatan ini dikemas cukup menarik mulai dari beberapa tampilan guru dalam mengisi waktu istirahat, mereka bernyanyi sambil diiringi oleh organ tunggal peserta sendiri, hingga game-game yang menarik. Karena  panitia menyadari pesertanya banyak dari golongan tua selain itu peserta juga diharuskan bisa mempresentasikan hasil karyanya di hadapan peserta lainnya. Berbagai bentuk aplikasi media pembelajaran tercipta. Dari yang sederhana hingga yang betul-betul canggih, kesemuanya itu dibuat semata-mata untuk lebih memudahkan pemahaman siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru.

tari

game-game menarik

ini videonya

Kegiatan semacam ini bukannya tidak ada halangan yang menimpa, meskipun panitia sudah mempersiapkan jauh-jauh hari ternyata hambatan itu masih tetap ada. Beberapa kali listrik padam, namun panitia tidak kehabisan akal dengan sigap menyewa genset, sehingga kegiatan diklat bisa dilanjutkan kembali. Begitu juga pada saat sesi pengenalan internet sehat. Jaringan internet yang disalurkan melalui wifi tidak bisa mencakup keseluruhan peserta, beruntung panitia sudah menyarankan pada hari sebelumnya agar peserta membawa modem sendiri dari rumah.

presentasi guru tua

presentasi guru tua

belajar bersama

berbagi IT walau dalam kesederhanaan

mencari sinyal

mencari sinyal hingga keluar ruangan

Berikut artikel kegiatan berbagi TIK dalam koran nasional yang penulis tulis

materi ICT dalam koran

Kedepan semoga kegiatan workshop/diklat serupa bisa diadakan lagi dan materinya lebih ditingkatkan lagi, sehingga para guru bisa ngasuh kaweruh dan saling berbagi tentang kemajuan teknologi, serta bisa menjadi penyeimbang kepenatan dan kejenuhan guru saat bersama anak didik. Dan yang terpenting guru tidak terkena TBC*) lagi.

*) TBC= Tidak Bisa Computer

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar