2

Menjaga Pembiasaan Siswa pada Masa Pandemi (0)

Rakhmad March 2, 2021

Di satuan pendidikan dari tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/Ma pembiasaan pada siswa memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah di madrasah kami yang memiliki ciri khas dari mulai awal masuk hingga pulang sekolah. Pembiasaan ini jika tidak di jaga di masa pandemi pastinya akan mulai luntur satu persatu.

Kegiatan pembiasaan di madrasah kami setiap pagi siswa dimulai dari memberikan salam kepada guru, guru menyambut dan membalas  dengan meneguhkan hati siap untuk mengikuti kegiiatan di madrasah. Dilanjutkan dengan persiapan untuk do’a pagi secara bersama-sama di madrasah serta hafalan-hafal surat pendek. setelah selesai mengambil sampah disekitar jika ada.

Pada saat masuk anak-anak langsung mengambil Alqur’an untuk tadarus bersama. Dipimpin oleh salah satu siswa dari kantor guru melalui pengeras suara. Setelah selesai dilanjutkan  berdoa’dan bersholawat.

Di atas merupakan gambaran pembiasaan yang setiap hari dilakukan. Mungkin dimasa pandemi ini ada beberapa materi atau pembiasaan yang terlewatkan. Sekarang bagaimana cara mencari solusi agar pembiasaan tersebut tidak lupa ataupun terlewatkan.

Solusi alternatif dalam menjaga pembiasaan siswa

1. Pembuatan Jurnal Harian secara online

Pembuatan jurnal Harian ini merupakan catatan kegiatan sehari-hari oleh siswa. Jurnal ini bisa berupa tulisan kegiatan ataupun menceritakan kegiatan dalam satu hari. Dalam pengiriman jurnal ini bisa juga menggunakan google form yang dibuat catatan dan pengiriman data pendukung dalam kegiatan sehari siswa

2. Pembelajaran Lewat Daring (Zoom, Google Meet dan lainnya)

Pembelajaran daring merupakan salah satu pengganti pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring bisa menggunakan zoom, google meet atau yang lainnya.  Dengan menggunakan aplikasi tersebut minimal guru bisa bertatap muka secara virtual.

Dalam pembelajaran daring ini bisa dimulai sesuai waktu saat tatap muka. Dengan waktu yang sama bertujuan siswa sudah terbiasa siap, dari mulai mandi, berwudu dan siap melalukan pembelajaran. Siswa langsung bisa ikut dalam aplikasi  zoom, google meet atau yang lainnyaa. Setelah anak-anak siswa di zoom, google meet atau yang lainnya. Guru bisa melakukan pembiasaan dari do’a pagi, hafalan surat pendek, dan pembacaan ayat suci Alqur’an. Setelah itu guru bisa melakukan pembelajaran melalui daring

Jika pembiasaan ini masih terjaga walaupun virtual, disaat tatap muka sudah dimulai siswa tidak canggung lagi dengan kebiasaannya. Siswa sudah siap dengan kebiasaan sehari-hari. Yang perlu juga diperhatikan bahwa pembiasaan ini bisa proses pembentukan karakter siswa lebih baik.

Tulisan ini merupakan salah satu upaya pembiasaan yang sudah tetancap oleh siswa mulai hilang. Peran guru dalam mensikapi ini mencari solusi yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dengan upaya yang sudah diusahakan menjadikan fungsi dan tujuan pendidikan di masa pandemi bisa berjalan dengan semestinya. Semoga masa pandemi cepat berlalu dan siswa bisa belajar secara tatap muka.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar