6

Menjadi Guru Tangguh di era New Normal (0)

Triana Dewi October 18, 2020

Tak ada seorang pun yang menyangka kita akan melewati masa-masa pandemik ini. Tiba-tiba dunia mencekam karena keberadaan virus corona. Semua orang harus mengurung diri di rumah untuk menghindari penyebaran virus ini. Tak ayal lagi hal ini berpengaruh kepada dunia pendidikan. Semua sekolah harus libur dan murid-murid harus belajar dari rumah. Sedih rasanya melihat sekolah kosong berbulan-bulan. Melihat sekolah sepi tak berpenghuni. Tapi bisa apa kita, keadaan yang memaksa demikian.

Akhirnya demi untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar maka diadakanlah sistem belajar online. Para guru dan murid dipaksa harus menguasai aplikasi pembelajaran untuk belajar online. Bagaimana lagi, memang keadaan sedang seperti ini, mau tidak mau, bisa atau tidak bisa kita harus menjalaninya. Berikut beberapa tips untuk bisa menjadi guru yang tangguh selama pandemik ini, yaitu antara lain:

  1. Mengatur Waktu dengan baik. Seperti kita ketahui, untuk belajar online atau belajar daring kita harus melakukannya dari rumah saja. Kalau dulu ketika masuk sekolah kita menpunyai jam kerja yang jelas, maka dalam keadaan online, bisa-bisa kita bekerja 24 jam. Karena murid akan bebas bertanya, bebas konsultasi kapan saja. Oleh karena itu kita harus sering-sering menengok handphone kita untuk memantau perkembangan belajar murid-murid kita.
  2. Mengupgrade diri Kita tidak boleh malas untuk mempelajari hal-hal yang baru. Karena yang namanya perkembangan teknologi itu selalu berkembang dan berubah. Kalau kita tidak mengikutinya kita akan ketinggalan. Maka salah satu caranya adalah bisa dengan mengikuti banyak workshop maupun seminar. Juga rajin membaca agar mengetahui perubahan zaman
  3. Lebih memahami teknologi Bagaimanapun yang namanya pembelajaran online selalu berhubungan dengan teknologi. Oleh karena itu kita harus benar-benar menguasai teknologi. Jangan segan dan malu untuk bertanya kepada mereka yang lebih tahu dan lebih paham.
  4. Menerapkan protokol kesehatan Salah satu hal yang wajib kita lakukan di masa pandemik adalah menerapkan protokol kesehatan agar kita senantiasa selalu sehat. Tiga hal yang wajib kita lakukan yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
  5. Memberi perhatian lebih kepada murid
  6. Menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid.

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

j

Comments (6)

  1. Selamat Malam 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar