6

Menjadi Guru Inspiratif (0)

Tantri January 14, 2021

Menjadi guru inspirasi – Siapa sih yang gak mau menjadi guru yang menginspirasi? Inspirasi itu menurut saya adalah guru yang ditiru tingkahnya karakternya dan prestasinya. Guru inspirasi adalah guru yang mendapatkan tempat di hati para siswa. Yang kemudian diingat hingga jauh hari bahkan bisa belasan tahun masih diingat oleh siswa.

Tentunya para guru mau kan masih tetap diingat siswa. Sebetulnya ada dua kemungkinan seorang guru itu diingat oleh siswa yaitu guru yang baik yang itu bisa dikatakan guru inspiratif tapi ada juga guru yang diingat oleh siswa karena keburukannya. Misalnya guru killer, pernah menghukum dan sejenisnya.

Jika diistilahkan guru inspiratif tentunya guru yang memiliki konotasi positif yang dimaksud dalam kalimat ini.

Di sini saya akan membayangkan tentang seorang guru inspiratif. Menurut saya, karakter yang pertama seorang guru inspiratif adalah guru yang mampu memahami siswa.

Selain kenal nama seorang siswa, guru harus memahami kondisi siswa. Guru, meskipun pekerjaannya atau profesinya adalah mengajar tapi jangan sampai terus memaksakan kehendaknya menjejali siswa dengan berbagai pengetahuan atau ilmu yang ada di buku. Tetapi seorang guru juga harus memahami kondisi siswa.

Apakah kondisi siswa saat itu siap untuk menerima pembelajaran? Karena bisa jadi seorang siswa itu jenuh dengan berbagai aktivitas ataupun kewajiban di sekolah. Ingat juga bahwa siswa itu nggak cuman satu pelajaran tapi banyak pelajaran yang harus dipikirkannya.

Nah kalau di mata pelajaran lain sudah ada beban atau sudah ada tugas, maka tidak elok kalau seorang guru memberikan tugas juga kepada seorang siswa.

Maka, sebelum mengajar coba tanyakan lah bagaimana kondisi emosi dan psikologi seorang anak apakah ada masalah atau tidak? Apakah ada hal yang perlu di sampaikan atau tidak kepada guru.

Seorang guru harus siap membantu siswanya yang punya masalah. Minimal dia memberikan jalan keluar atau solusi. Seorang guru harus jeli dengan yang dibutuhkan oleh siswa.

Untuk itu seorang guru harus dekat dengan siswa. kedekatan itu tidak hanya dibatasi saat di dalam ruang kelas saja tetapi juga hingga di luar kelas. Justru pengalaman-pengalaman di luar kelas itu akan lebih banyak Yang diingat oleh seorang siswa.

Maka guru harus melakukan pendekatan yang apik kepada seorang siswa. Memang di awal mungkin akan terasa kaku karena tidak biasa. Akan tetapi kalau sudah biasa kan maka guru akan dengan mudahnya melakukan pendekatan dengan siswa.

Banyak cara yang bisa dilakukan. Misalkan pendekatan lewat hobi. Kalau ada kecocokan hobi antara guru dan siswa, itu akan mempermudah pendekatan seorang guru.

Misalkan ada seorang siswa yang hobi puisi. Maka seorang guru berupaya melakukan pendekatan dengan memberikan masukan atau pujian tentang kemampuan siswa berpuisi. Jadikan puisi sebagai sarana untuk mendekatkan kepada siswa

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar