0

Menjadi guru hebat di masa pandemi (0)

Masroni February 19, 2021

Hampir 3 semester tidak terasa pandemi ini mengajarkan banyak hal untuk seluruh guru-guru di dunia. Siapa yang bisa menyangka bahwa peristiwa ini tidak pernah diramalkan sebelumnya. Semua tidak ada yang tahu nasib kedepan tentang kehidupan ini terutama dalam menghadapi pandemi.

Guru sebagai tiang pancang mencerdaskan masyarakat semakin dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan jaman yang tidak bisa dihindarkan. Berbagai cara telah dilakukan agar pendidikan terus berjalan meskipun dengan langkah tertitah-titah karena harus memahami pola yang berbeda dari biasanya dalam mengajar. Semua perencanaan pembelajaran yang sudah berjalan sekian tahun, kini mulai berubah mengikuti pola baru, meskipun beberapa guru sudah cukup pandai dalam menyelesaikan problem pembelajaran dalam sistem pengajaran.

Kali ini seorang lulusan sarjana guru tidak lagi menjadi sosok biasa-biasa saja. Siapapun yang ingin menjadi guru harus memiliki kemampuan ekstra dalam pengajaran kepada siswanya.

Jika di masa normal seorang guru sangat mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran dan dapat menyelesaikan permasalahan di dalamnya saat di sekolah, tapi masa kini untuk seorang guru harus memiliki cara yang benar-benar terukur agar bagaimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh seorang siswa karena pola pendidikan dan pengajaran dilakukan secara online.

Bahkan tidak hanya persoalan pemahaman materi sebuah pengetahuan, persoalan lain tentang kedisiplinan baik guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran tidak sedikit menjadi perhatian khusus agar kualitas pendidikan tetap terjaga.

Namun sebagai manusia, sosok guru dapat memahami apalah arti kehidupan tanpa perjuangan. Semua yang terjadi adalah proses pembelajaran bersama, baik yang dialami guru maupun siswa. Pembelajaran bagi guru agar memahami bagaimana pembelajaran ini dapat memberikan pemahaman tentang nilai kehidupan kepada siswa dan pembelajaran bagi siswa juga dapat dipahami untuk memahami pola baru dalam proses pembelajaran.

Untuk itu rasa-rasanya tidak cukup menjadi seorang guru hanya mendapatkan terima kasih karena dianggap pahlawan tanpa tanda jasa. Tapi seorang guru sedang menjadi sosok pembelajar yang sebenarnya sehingga ia dapat mencapai derajat guru hebat.

Sebagai guru hebat, kini harus memahami pola baru dalam proses pembelajaran. Lalu apa yang harus dipahami jika ingin menjadi seorang guru, setidaknya beberapa hal berikut menjadi pandangan penulis.

  1. Guru dan siswa adalah sama-sama manusia pembelajar. Maka di masa pandemi ini tidak cukup seorang guru hanya sekedar mengajar apalagi tidak memiliki persiapan khusus. Dan siswa juga tidak akan cukup jika mengandalkan guru yang tidak inovatif dalam melakukan proses pembelajaran.
  2. Guru dan siswa harus sama-sama memiliki kesiapan dalam menghadapi setiap perubahan. Perubahan bukan hanya datang dari luar (faktor ekternal) tapi juga datang dari diri sendiri (faktor internal) yang sifatnya menuntut kesiapan dan kemandirian dalam melakukan suatu proses, terutama proses pembelajaran.
  3. Guru dan siswa harus miliki visi dan misi untuk kehidupan yang akan datang, dimana perubahan jaman tidak bisa dilacak sekalipun prediksi “beberapa orang” akan adanya perubahan bisa diketahui sebelum perubahan itu terjadi.

Tagged with:

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar