2

Menjadi Generasi yang Bertanggung Jawab, Komunikatif, Mandiri dan Kreatif di Masa Pandemi (0)

Mahadir2519 October 18, 2020

Pandemi Covid-19 tidak boleh dan tidak seharusnya membuat kita kalah”

Kondisi khusus seperti saat ini memang tidak menyenangkan. Akan tetapi, jika kita semua bersatu dan membangun sinergi yang baik, maka percayalah, pandemi ini tidak akan menjadi penghalang untuk mengurangi antusias dan semangat belajar bagi anak-nak kita. Pandemi tidak boleh dan tidak seharusnya membuat kita kalah.

Selama masa pandemi covid-19, ada beberapa nilai karakter yang berusaha kami bangun, diantaranya:

Tanggung Jawab

Pada kondisi khusus seperti saat ini, tanggung jawab pendidikan tidak boleh lagi hanya digantungkan pada guru (sekolah). Akan tetapi, kita selaku  bagian nyata dari Tri Pusat Pendidikan (sekolah, keluarga, dan masyarakat) juga harus ikut bertanggung jawab untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang menyenangkan.

Pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi yang terdampak Covid-19 dari PT. ASTRA
                sebagai  bentuk tanggung jawab terhadap dunia pendidikan

Komunikatif

Gaya komunikasi yang komunikatif atau bersahabat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan pembelajaran selama masa pandemi. Guru, siswa dan para orang tua harus bersinergi membangun komunikasi yang sehat dan  “bersahabat”  guna menciptakan iklim pembelajaran yang santai dan menyenangkan. Percayalah! Gaya komunikasi yang bersahabat/komunikatif yang terjalin di antara guru, siswa, dan para orang tua, tidak hanya akan berdampak baik pada kesehatan fisik semata. Akan tetapi, juga akan berdampak baik pada kesehatan mental.

Mandiri

Kondisi khusus seperti saat ini benar-benar mengharuskan kita untuk memiliki sikap mandiri. Siswa yang tadinya belajar di ruang kelas dan didampingi oleh guru, saat ini harus membiasakan diri belajar mandiri tanpa ada pendampingan guru secara langsung.

Kreatif

Disadari atau tidak, kondisi khusus seperti saat ini mengharuskan kita untuk terus “mengeksplorasi” sisi-sisi kreatif yang ada di dalam diri kita. Khusus bagi guru-guru yang ingin sukses mengelola pembelajaran di masa pandemi seperti saat ini, sangat penting untuk terus bergerak dan berinovasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, seperti: pembuatan modul atau bahan ajar dan pembudayaan praktik baik.


Modul kreasi Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS, Kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar selama masa  pandemi Covid-19.

Sekali lagi, pandemi Covid-19 tidak boleh “mematikan” karakter kita. Mari tetap menjadi teladan dan inspirasi bagi anak-anak kita. Mari tetap bersinergi untuk mengelola pembelajaran selama masa pandemi sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Sebab filosofi sekolah dan belajar adalah menyenangkan.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (2)

  1. Selamat Sore 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar