1

Menjadi Bendahara Sekolah DiEra Pandemi Covid-19 (0)

FitriyaniElHasan March 7, 2021

Banyak yang harus diperhatikan sebelum meng”IYA’kan mandat dari kepala sekolah ketika dipasrahkan menjadi bendahara sekolah nantinya. Tugas ini nantinya bukan hanya menjadi tanggung jawab tertulis, namun juga tanggung jawab pada Sang Yang Maha Tau Segalanya. Berat ya sepertinya??

Tugas Bendahara pada umumnya: Membantu kepala sekolah menyusun RKAS, mengelola dan mengadministrasikan keuangan sekolah.

Uraian Tugas : Menyusun RKAS, Gaji Guru dan Karyawan, Biaya Investasi, Biaya Operasional dan biaya perawatan, Membantu Kepala Sekolah dalam mengelola Keuangan Sekolah : menerima, membukukan, menyimpan, mengeluarkan dan mempertanggung jawabkan, Mengurus keuangan bea siswa, Mengurus pengadministrasian keuangan/ kesejahteraan, Menyusun laporan keuangan berkala dan insidentil, Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Sekolah.

Dalam beberapa tugas inti ini sudah lumrah diketahui bagi semua guru. Namun, pada zaman yang semakin berkembang ini terutama didunia pendidikan khususnya dari segi administrasi sekolah, bendahara berperan penting dibandingkan TU sekolah (terkesan).

Dalam hal ini, si bendahara mendapat banyak tugas tambahan disamping tugas inti dalam mengatur keuangan sekolah. Bendahara memiliki beberapa tugas tambahan seperti mengurus E-ERKAM yang baru-baru ini menjadi topik perbincangan ditengah pandemi. Kok bisa?

Benar, semua sudah bisa dikerjakan melalui aplikasi yang mempermudah para bendahara untuk mengerjakannya. Hal ini dirasa tidak lagi memberatakan guru yang sekaligus menjabat sebagai bendahara untuk melakukan tugasnya. Aplikasi ini membuat tanggungjawab pekerjaan bendahara menjadi semakin praktis dan efisien.

Kemajuan yang semakin berkembang ini dirasa juga sedikit rumit oleh beberapa bendahara yang pada dasarnya mini ilmu komputer. Hal ini dikarenakan hampir semua yang dikerjakan beralih pada sebuah aplikasi yang tida diketahui sebelumnya. Akhirnya pihak Dinas pendidikan mengadakan suatu Bimtek untuk menujang keahlian bendahara ini kedepannya. Mereka berharap tugas bendahara tidak lagi “kacau” dengan perhitungan biaya yang dirancang.

Semua dalam aplikasi ini nantinya akan menjadi lebih praktis karena semua dasar yang kita isi didalamnya akan secara otomatis tertera pada pembukuan dan segala hal yang berkaitan dalam aplikasi.

Alhamdulillah saya sendiri sebagai bendahara sekolah merasa memang lebih mudah mengerjakan menggunakan aplikasi saja dari pada manual yang lebih sering terjadi kesalahan dalam perhitungan dana yang harus dilaporkan nantinya. Lebih beresiko sepertinya ya.

Maka, saran saya pada semua guru dengan jabatan ataupun dengan tidak adanya jabatan disekolahnya, dimohon agar meningkatkan ilmu komputernya. Disayangkan sekali ketika minim teknologi dasar komputer ketika memang nantinya semua pekerjaan administrasi sekolah diharuskan menggunakan aplikasi agar lebih praktis dalam pengerjaannya.

Memikul tanggung jawab bendahara tidaklah mudah. Semua yang dikerjakan harus sesuai dengan riil pengeluaran yang terjadi. Pengalaman saya ketika menganggarkan biaya namun ternyata tidak cukup dengan dana yang diterima dari pemerintah, membuat saya berfikir keras untuk mengolah data dan biaya lagi agar semua aman-aman saja nantinya.

benar! tidak ada tugas yang mudah dan tidak ada pekerjaaan yang enak. Semua memiliki tanggung jawab dan resiko masing-masing. Semangat!!

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar