10

MENGOPTIMALKAN KAMERA HP DALAM PEMBELAJARAN (+6)

Tri GP : @gurukimiaasyik May 9, 2014

5.1

Belajar Makin Asyik Plus Foto-Foto

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam guraruers,

Apa kabarnya sahabat guraruers sekalian? Semoga sehat selalu dan tetap diberi semangat untuk terus bekarya demi kemajuan Pendidikan di Indonesia.

Mobile learning atau mlearning adalah pembelajaran yang  menggunakan HP, smartphone, dan tablet sebagai sarana untuk melakukan pembelajaran. Mobile learning (m-learning) menawarkan sebuah alternatif pembelajaran yang memungkinkan sebuah sesi pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun. Ini menjadi tantangan untuk guru era baru untuk mengembangkan m-learning dalam pembelajaran di kelas.

Saat ini perangkat HP, smartphone, dan tablet telah banyak yang dilengkapi kemampuan untuk terkoneksi ke internet, kemampuan memainkan dan merekam audio dan vidio serta gambar/foto, dan kemampuan menjalankan software aplikasi seperti Java, Symbian, Flash dan lain-lain.

Di sini saya mencoba menulis Judul: “Mengoptimalkan Kamera HP dalam Pembelajaran”. Pembelajaran yang menarik, aktif dan makin asyik dengan judul pembelajaran  : Ikatan Kimia dari Karton Manila” plus foto-foto dengan menggunakan perangkat kamera HP. Selama ini kamera HP, smartphone, tablet yang di miliki siswa hanya untuk foto-foto narsis saja. Saya mencoba mengoptimalkan kamera HP, smartphone, dan tablet untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas.dan mempublikasikan di forum belajar FB Kimia SMK Asyik.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  • Setiap kelompok mengerjakan tugasnya masing-masing membuat ikatan kimia dari karton manila

5.2

  • Dipersentasikan secara pribadi-pribadi, untuk menentukan jenis ikatan ion atau ikatan kovalen dari ikatan kimia tersebut.

5.3

  • KBM harus di dokumentasikan dengan kamera HP Siswa
  • Tugas tambahannya di upload foto-foto KBM nya di Forum FB Kimia SMK Asyik

Foto KBM Kelompok I

POTO MOBILE LEARNING 2

Foto KBM Kelompok II

FOTO MOBILE LEARNING SISWA 1

Manfaat dari pembelajaran dengan menggunakan kamera HP, smartphone dan tablet dapat:

–  Meningkatkan hasil belajar siswa

–  Memotivasi siswa untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan

–  Menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu

–  Menguasai teknologi khususnya mengedit foto dengan hpnya

5.4

Demikian sedikit pengalaman saya dalam mengoptimalkan kamera HP dalam pembelajaran. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon bimbingan dan arahan untuk perbaikan ya sahabat guraruers. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat buat sahabat Guraruers. Aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Tri GP : @gurukimiaasyik

http://www.trigpss.com/

2,053 total views, 1 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Tri GP : @gurukimiaasyik

BANGKINANG, RIAU, Indonesia. Saya Tri GP lahir pada tanggal 18 Agustus 1974 di Pematang Siantar, Medan. Seorang guru biasa yang memiliki motivasi untuk berbagi dengan sesama, mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, dan berbakti kepada orang tua. Passionnya adalah menulis, berkarya dan mengembangkan IT untuk Pembelajaran. Saya adalah guru kimia dan komputer, Trainer, Motivator, dan Narasumber/Instruktur terkait pemanfaatan IT untuk pembelajaran. Saya sangat giat mendorong Guru-guru agar Belajar IT dan aktif sharing/berbagi seputar pendidikan baik di website: guraru.org, kompasiana.com, web & blog pribadi: trigpss.com ; maupun media sosial. HP: 085271629875 e-mail: [email protected] PENDIDIKAN : SD NO. 104248 LUBUK PAKAM ; SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; S1 IKIP MEDAN ; S2 UPI BANDUNG

View all posts by Tri GP : @gurukimiaasyik →

Comments (10)

  1. Sip deh pak, senang melihat anak-anak aktif belajar praktis. Semua fitur mobile device termasuk HP hrs dioptimalkn pemanfaatannya. Sepakat pak. Ketika sejak kecil anak cucu kita latih di rumah, Insya Allah di sekolah dpt membantu temannya menjadi tutor sebaya. Insya Allah kimia makin asyik shg tak ada anak yg remidi. Selamat dan sukses selalu.

  2. Beginilah pelajaran yang ditunggu-tunggu siswa sesuai KURIKULUM 2013 …. keren nih 🙂
    salam dari kota pisang (lumajang)
    AYO MENDIDIK | m. subakri
    …………………………………………………………………………….
    Terima Pak M. Subakri atas kunjungan dan komentarnya.

    Salam dari Kota Nenas (Bangkinang)
    RIAU
    🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar