2

‘Menggabungkan’ 2 Mata Pelajaran (+4)

Hedy Lim March 18, 2014

Sebagai orang tua yang memiliki anak di SMP, pasti bertanya-tanya mengapa ya pelajaran TIK akan resmi dihapus dalam kurikulum 2013? Ini akan benar atau tidak? Tidak yakin pasti apa alasannya tetapi dari yang terbaca dan terdengar kurang lebih karena faktor pengadaan sumberdaya di daerah-daerah yang mungkin belum terjangkau sama sekali oleh teknologi dan karena mata pelajaran komputer sendiri di segi SK KD nya masih belum memadai. Tetapi lalu diminta melakukan integrasi TIK ke mata pelajaran lain. Bagaimana mau mengintegrasikan kalau belajar saja tidak? Kalau SK KD dianggap terlalu sederhana, mengapa bukan hal itu yang di”develop”. Jika banyak daerah tak terjangkau teknologi, mengapa bukan itu yang diprogramkan pemerintah untuk lebih mengupayakan pendidikan merata seluruh Indonesia, bukan UN saja yang diratakan (#eh).

Sebagai guru SMP yang senang mengintegrasikan TIK ke bidang studi saya…. nah hari ini tidak mau bicara sebagai porsi guru. Kembali ke alinea pertama mau berperan sebagai ortu saja.

Saya merasa cukup beruntung dan senang melihat perkembangan pelajaran di SMP anak saya bersekolah. Dia tetap menerima pelajaran TIK, sekaligus sudah mengikuti Pramuka sebagai ekskul wajib.
Nah suatu hari dia mendapat tugas tentang menampilkan sisi kehidupan manusia dalam proses daur ulang. Singkat cerita tercetuslah idenya untuk membuat animasi yang dia alami dalam kehidupannya. Karena di saat yang bersamaan, dia baru saja memulai pelajaran tentang animasi flash di sekolah pula.
Tentu saja, secara kemampuan pribadi, dia harus sedikit “mengejar” beberapa konsep dasar untuk menjadikan tugas animasinya selesai seperti yang dia inginkan.

Tugasnya telah selesai dan dikumpulkan. Sebagai siswa kelas 7 telah berhasil menggabungkan sendiri ide tugas mata pelajaran PLKJ dengan “tools” pelajaran TIK, sebagai orang tua ya bangga, sebagai guru pasti senang muncul “kreatif” dari si siswa sendiri.

Saya ingin sharingkan di sini, tetapi karena dia membuat dengan menyertakan lagu sebagai soundtracknya dan tidak memberikan tombol stop pada animasinya, jadi lagu jalan terus, sehingga saya kuatir mengganggu pembaca di sini 🙂 .
Jadi saya sertakan saja link nya di http://hedy.me/m/fbnsk

Comments (2)

  1. Salam bu Hedy, ini yang namanya siswa pun memiliki semangat berinovasi yang jauh mendahului gurunya dan orang tua pun “berinovasi” mendorong buah hati karena cetusan minatnya.

    Hebatnya memiliki orang tua seperti anda, apalagi guru juga ada seperti Bu Hedy

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar