6

Mengetik Cepat 10 Jari (+3)

nanang kurniawan, s.pd May 14, 2015

Belajar Mengetik 10 Jari

Menggunakan ProgramTYPING MASTER

10 jari

Dalam prakteknya, belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, di sekolah atau di luar sekolah. Bagi siswa atau mahasiswa, belajar dapat terjadi apabila suatu stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatan siswa berubah dari waktu sebelum siswa mengalami situasi itu ke waktu siswa mengalami situasi tadi. Demikian pendapat yang dikemukakan oleh Gagne.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang (sibelajar) secara sadar dan sengaja  terhadap perubahan perilaku dalam dirinya melalui pengalaman akibat interaksinya dengan  lingkungan belajarnya. Dalam pembelajaran di sekolah atau kampus, Siswa atau mahasiswa dihadapkan pada tantangan untuk bisa menggunakan salah satu program komputer yang berkaitan dengan pembuatan dokumen : surat, naskah, undangan, laporan, dan sebagainya untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh seorang Guru.

Salah satu program aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut adalah software aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap. Dengan Microsoft word bisa memformat tulisan/dokumen beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word formatnya sangat lengkap.

Kendala yang dirasakan oleh siswa atau mahasiswa ketika menggunakan program Microsoft Word adalah tidak dapat mengetik dengan cepat menggunakan 10 jarinya sehingga pekerjaan atau penyelesaian tugas menjadi terlambat. Padahal dalam proses pembuatan sebuah dokumen tersebut membutuhkan keahlian atau kemampuan khusus agar dapat mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik tepat pada waktunya sebagai upaya memenuhi tujuan hasil belajar yang diinginkan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan Siswa atau mahasiswa adalah memanfaatkan Aplikasi Komputer Typing Master sebagai media pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu mereka mahir mengetik dengan kesepuluh jarinya sehingga kualitas hasil belajar siswa yang diharapkan meningkat. Dengan pemanfaatan aplikasi komputer ini, diharapkan siswa atau mahasiswa dapat terlibat dalam seluruh aspek perkembangannya, baik kognitif, afektif maupun pikomotorik.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi Typing Master dapat membantu belajar mengetik sepuluh jari tanpa melihat tombol keyboard. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan untuk meningkatkan kecepatan mengetik di setiap sesi pelajaran. Selain itu dapat juga melatih kemampuan mengetik dengan teks atau dokumen yang telah disediakan serta dapat melihat hasil kemampuan mengetik kemudian mencetaknya, lengkap dengan Ijazah yang berisi keterangan mengenai : kecepatan, keakuratan, dan durasi waktu yang digunakan.

Dengan Typing Master Anda dapat belajar mengetik melalui sentuhan teknik dan membawa keyboard Anda ke tingkat yang baru yaitu :

1) Mengetik akan menjadi mudah dan lancar seperti berbicara

2) Memungkinkan untuk menyelesaikan tugas menulis dengan lebih efektif dan efisien.

3) Menghemat banyak waktu membuat laporan, email dan presentasi lebih cepat.

4) Memberikan lebih banyak kebebasan untuk kreativitas.

5) Dapat meningkatkan kecepatan mengetik

6) Meminimalkan kesalahan-kesalahan mengetik

7) Meningkatkan kualitas tulisan atau dokumen

 

Bentuk latihan dan fasilitas  yang disediakan oleh aplikasi Typing Master sebagai berikut :

1) Course

course

2) Review

review

3) Typing Test

typingmaster-6

4)  Games

games

5) Satellite

satellite

6)  Setting

setting


 

Blog TIK : Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

http://petikom7islamicschool.blog.com

.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10″

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar