0

Mengenang Lagu 90s (0)

Supadilah S.Si February 15, 2021

Sebelum diserbu musik-musik melayu industri musik Indonesia memang punya lagu-lagu yang berkesan. Saat itu masih menggunakan kaset pita atau CD (bajakan) yang laris bak kacang goreng.

Sambil memilah lagu mana saja saya ingat bagaimana semasa SMA sama teman-teman berjuang mendapatkan kaset original. Kami harus ke ibu kota kabupaten. Bermotor sekitar 1 jam lamanya. Harganya memang cukup melangit kala itu. Berkisar 35 — 60 ribuan.

Sekadar nostalgia masa lalu sih, semoga sedikit membawa pada zaman doeloe yang kenangannya ada hingga sekarang ini.

Balikin (Slank)

Ada yang bilang semua konser musik ini konsernya Slank. Sebab setiap konser pasti selalu ada bendera Slank yang dibawa para Slankers. Jika di band lain lagu-lagunya banyak ditulis oleh gitaris atau vokalis, di Slank justru ditulis oleh sang drummer; Bimbim. Banyak kan lagu Slank yang masih nyantol di telinga? Sebut saja Virus, Terlalu Manis, Makan Gak Makan Asal Kumpul, dan lainnya. Slank diisi oleh Kaka (vokalis), Bimbim (drum), Abdee Negara (gitar), Ridho (gitar), dan Ivanka (bas) ini telah menelurkan banyak lagu-lagu masterpiece.

Separuh Nafas (Dewa)

Salah satu band cadas papan atas ini layak jadi master band-nya Indonesia. Telah mengalami beberapa pergantian posisi. Siapa yang tidak kenal dengan tembang-tembang Dewa terbaik yang kini masih populer dan hits di telinga masyarakat. Ada Kangen, Cukup Siti Nurbaya, Laskar Cinta, Elang, Roman Picisan, dan lainnya. Ahmad Dhani, Andra, Ari Lasso, Once, Tyo Nugros, Yuke, dan Agung Yuda.

Pelangi di Matamu (Jamrud)

Jamrud bisa dibilang sebagai band rock paling sukses di Indonesia. Album Ningrat berhasil mencapai penjualan 2 juta keping. Jamrud  dibentuk oleh Azis (gitar), Ricky Teddy (bass) dan Krisyanto (Vokal).

Boomerang (Pelangi)

Boomerang bisa disejajarkan dengan Jamrud. Lagunya meskipun cadas beberapa mengandung irik puitis. Pelangi menjadi andalan para pemuda yang belajar gitar karena chord dan melodinya yang gampang dipelajari dan diingat. Tragedi, Kembali, Bungaku, menjadi lagu lain yang juga cukup familiar di telinga pecinta musik Indonesia terutama band cadas.

Itulah daftar lagu era 90s yang menurut saya masih kuat di telingan. hingga kini masih ada band-band di atas bertahan walaupun ada juga yang berganti personelnya. Hal ini dimaklumi sebab industri musik memang selalu berkembang.

Selalu ada yang datang dan pergi dengan cepat. Industri hiburan, ya, musik bisa dibilang industri hiburan yang dengan cepat mengahdirkan bintang-bintang baru yang menggeser bintang lama.

Musik ibarat bumbu dalam masakan. Ada yang suka dengan kadar yang sedikit saja. Ada pula yang tak suka bahkan anti. semuanya kembali pada diri masing-masing saja. Jangan saling menyalahkan ya.. Keep silaturahmi dan anggap lah sekadar tulisan. Hehe..

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar