4

Mengenal Sestyc, Sosial Media Buatan Anak Indonesia (0)

AfanZulkarnain January 25, 2021

Tulisan ke-43 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Beragam sosial media beredar di tengah-tengah masyarakat. Masing-masing memiliki fitur-fitur unik dan menarik. Salah satu sosial media yang belakangan menjadi pusat perhatian adalah Sestyc.

Jujur, saya mengunduh sosial media ini karena tertarik oleh suatu fakta bahwa sosial media ini dibuat oleh anak Indonesia. Iya, Sestyc adalah murni buatan anak negeri. Lima orang pemuda Surabaya yang membuatnya. Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca di berbagai kanal, salah satu hal yang melatar belakangi mereka membuat Sestyc adalah minimnya platform sosial media dari dalam negeri.

Artikel ini murni sudut pandang secara subjektif saya terhadap sestyc setelah menjadi penggunanya.

Hal yang saya rasakan saat kali pertama memiliki akun Sestyc adalah sosial media ini sangat instagram sekali. Bagaimana tidak, beberapa fitur dan tampilannya sangat mirip dengan instagram. Sebut saja posting foto, posting video, memberi like dan komenytar pada postingan orang lain, ada fitur stories, ada kolom pencarian, dan beberapa fitur yang membuat kita berpikir kalau sestyc adalah instagramnya Indonesia.

Berikut tampilan dari Sestyc.

Namun, ada keunikan Sestyc yang tak dimiliki oleh Instagram. Sestyc memiliki fitur-fitur menarik yang tak dimiliki oleh sosial media lainnya.

Pertama, kita bisa mengunggah video berdurasi lebih dari 1 menit. Di Instagram sih bisa yaitu menggunakan IGTV. Namun kita harus ubah dulu skala layar dari video tersebut. Di Sestyc tidak seperti itu, kita dapat langsung mengunggah tanpa harus mengubah skala layar.

Alhamdulillah hari ini saya berhasil meng-upload satu video podcast berisi materi kelas public speaking. Video tersebut berdurasi satu menit lima puluh tiga detik. Namun saat asyik menonton, video tiba-tiba berhenti dan muncul kolom “lanjut menonton”. Saat kita klik kolom tersebut, kita dapat leluasa menonton video dengan layar penuh.


Kedua, adanya fitur Random Chat yang memungkinkan kita mencari teman baru secara acak. Selain itu kita bisa juga mencari pengguna yang berada di radius 1 km sampai 10 km di dekat kita. Fitur yang bernama Nearby People ini akan memudahkan kita mencari teman baru di sekitar kita. Ada juga Anonymous chat yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan interaksi dengan orang lain namun identitasnya tidak dapat diketahui.

Ketiga, Sestyc memungkinkan pengguna untuk mengetahui siapa saja yang telah mengunjungi profile-nya. Hal itu dikarenakan sosial media ini memiliki fitur Profile Visit. Artinya kita dapat mendeteksi para stalker, kawan. Pengguna ajdi merasa aman dan nyaman.

Keempat, ini yang biasanya saya lakukan saat membuka aplikasi Sestyc. Fitur News. Berita. Kita bisa update informasi lewat sosial media ini. Dari informasi bisnis, teknologi, kesehatan, hiburan, sampai olah raga. Berbeda dengan aplikasi lainnya yang mengharuskan kita mengunjungi akun-akun media terlebih dahulu untuk mengakses informasi. Sestyc menyediakan ruang khusus supaya kita dapat langsung “menyantap” informasi-informasi terkini.

Sampai artikel ini ditulis, Sestyc telah terunduh lebih dari lima ratus ribu orang. Bagaimana, apakah anda berminat untuk menjadi pengguna dari sosial media buatan anak bangsa ini?

Comments (4)

  1. sayang sekali, produk2 fisik maupun digiital asli karya anak bangsa seperti ini selalu terpinggirkan. harus ada langkah nyata dari pemerintah utk memboomingkannya, jika tdk niscaya bangsa indonesia hanya akan menjadi konsumen saja takkan pernah menjadi produser

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar