0

Mengenal Model Pembelajaran Terpadu (0)

Pengelola Guraru September 26, 2022

Pembelajaran merupakan proses interaksi antar siswa, siswa dan guru, serta siswa dan sumber belajar pada suatu lingkungan yang berlangsung secara edukatif. Tujuan dari pembelajaran agar siswa dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk masa depan. Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian. 

Dalam menentukan model pembelajaran dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang ingin dicapai, sifat dari materi ajar, dan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, setiap model pembelajaran mempunyai tahap-tahap (sintaks) yang dapat dilakukan siswa dengan bimbingan guru.

Salah satu model pembelajaran yang ada yaitu model pembelajaran terpadu. Lalu, apa itu model pembelajaran terpadu? Simak lebih lengkap penjelasan berikut ini.

Baca juga: Kurikulum Merdeka Belajar

Apa itu Model Pembelajaran Terpadu?

Model pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menyertakan beberapa materi ajar agar siswa lebih memahami pembelajaran lebih baik dari sebelumnya. Tujuan pembelajaran terpadu adalah agar materi pelajaran bisa terintegrasi dan berlangsung selaras dengan kebutuhan siswa.

Tahap implementasi dalam pembelajaran terpadu akan fokus pada pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan perkembangan siswa. Melalui pembelajaran terpadu diharapkan siswa lebih memiliki wawasan mendalam mengenai materi ajar dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan yang beragam serta kompleks (Multiple Knowledge).

Manfaat Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu dirancang agar siswa bisa termotivasi untuk bekerja sama secara mandiri atau dalam kelompok. Selain itu, model ini juga dapat memancing siswa untuk menginvestigasi, merencanakan, mengeksplorasi, dan melakukan brainstorming. Berikut manfaat model pembelajaran terpadu:

  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajari siswa secara bermakna dan mendalam
  2. Mengembangkan keterampilan dalam menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber belajar 
  3. Mengembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai–nilai moral yang ada dalam kehidupan 
  4. Mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan menghargai pendapat
  5. Meningkatkan semangat dalam belajar
  6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan & Psikologis Anak selama PJJ

Karakteristik Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek dalam mata pelajaran atau antar mata pelajaran. Berikut karakteristik model pembelajaran terpadu:

  • Memiliki sifat Student Center atau pembelajaran yang berpusat pada siswa
  • Memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa (Direct Experiences)
  • Pemisahan tiap bidang studi yang akan diajarkan tidak terlalu jelas
  • Bersifat fleksibel
  • Mempresentasikan konsep dari bermacam-macam bidang pelajaran
  • Hasil pembelajaran bisa meningkat sejalan dengan motivasi dan kebutuhan siswa

Demikian penjelasan mengenai model pembelajaran terpadu. Diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran ini akan memberikan hasil optimal dalam proses belajar mengajar. Apakah rekan guru sudah ada yang menerapkan model pembelajaran terpadu? Yuk, share pengalaman Anda.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar