4

Mengenal Imam Ahmad Ibn Hanbal (0)

Ayuma Sofyati March 13, 2021

Nama lengkap beliau adalah Ahmad Muhammad Ibn Hanbal Ibn Hilal Ibn Asad Ibn Idris Ibn Abdullah Ibn Hasan Al- Syaibani Al-Marwazi. Lahir di kota baghdad pada tahun 164 H dan meninggal dikota yang sama pada tahun 241 H. Baik bapak maupun ibunya berasal dari keturunan yang sama, yaitu keturanan Bani Syaiban, salah satu kabilah yang berdiam di semenanjung Arabia

Semasa hidupnya, beliau banyak menaruh perhatian pada bidang hadits. Karya monumental beliau adalah kitab Al-Musnad yang terdiri dari enam jilid dan memuat tidak kurang dari empat puluh ribu hadits . Atas dasar ini sebagian ulama menggolongkan beliau sebagai ulama ahli hadits ketimbang ilmu fiqih. Namun beliau juga mengkonstruksi pokok-pokok pikiran dalam bidang fiqih, yang selanjutnya diformulasikan oleh murid-murid beliau dalam sebuah aliran atau madzhab, yaitu Madzhab Hambali 

Untuk mempelajari dan memperdalam ilmu fiqih, pertama-tama imam Ahmad berguru kepada ulama fiqih terkenal pada waktu itu, yaitu Imam Abu Yusuf, salah seorang sahabat dan murid Imam Abu Hanifah. Kemudian beliau belajar hadits kepada Husyaim Ibn Hazim Al-Wasithi . Disamping itu beliau juga belajar dan menuntut ilmu agama kepada Umar Ibn Abdullah Ibn Khalid , Abdurrahman Ibn Al-Mahdi dan Abu Bakar Ibn ‘ Iyasy. Beliau juga belajar Ilmu Ushul Fiqih dan cara-cara mengistimbatkan hukum kepada Imam Syafi’i, dan mempelajari hadits kepada Ibn ‘ Uyainah

Terhadap sahabat-sahabat Rasulullah SAW, Imam Ahmad sangat menghindari dari sikap mencela sebagian dan memuji sebagian yang lain, seperti yang dilakukan sebagian orang pada waktu itu. Beliau hanya membagi para sahabat kedalam beberapa tingkatan. 

Tingkatan pertama :

Abu bakar, Umar Ibn Khattab, dan Utsman Ibn ‘Affan. 

Tingkatan Kedua:

sahabat-sahabat yang tergolong dalam kelompok Ashabus Syura yaitu Ali Ibn Abi Thalib, Zubeir Ibn ‘Awwam, Thalhah, Abdul Rahman Ibn Auf dan Sa’ad Ibn Abi Waqqas. 

Tingkatan ketiga :

Para sahabat yang ikut bersama Rasulullah ke Madinah (Al-muhajiru) dan sahabat-sahabat yang ikut dalam perang Badr. 

Tingkatan keempat:

 Penduduk Madinah yang menyambut kedatangan Rasulullah bersama kaum Muslimin yang baru berhijrah dari Makkah ke Madinah ( Al-Anshar) dan yang mengikuti perang badar. 

Tingkatan Kelima :

Para sahabat yang paling dahulu masuk Islam ( Al-Sabiqu Al-Awwalun)

Madzhab Hanbali

Imam Ahmad Ibn Hanbal lebih banyak mengkonsentrasikan diri pada bidang hadits ketimbang Bidang fiqih. Oleh karena itu tidak ada satupun kitab fiqih yang beliau tulis untuk dijadikan rujukan dalam mempelajari Madzhab Hanbali. Kitab-kitab beliau hanya terbatas masalah hadits dan Ilmu Hadits, seperti : Kitab Musnat, Tafsir Al-Qur’an, Al-Waai, Kitab Nasikh Wa al-Mansukh, Kitab Al-Manasikul Kabir, dan Al-Manasikul Shaghir dan lain-lain.

Selain itu Imam Ahmad tidak pernah mendiktekan fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat beliau kepada murid-muridnya. Karena itu untuk mempelajari Madzhab Hanbali secara komprehensif dan menyeluruh, hanya dapat dilakukan dengan cara mengkaji serta mempelajari tulisan-tulisan yang diperkenalkan oleh murid-murid dan sahabat-sahabat beliau

Di dalam mengistimbatkan hukum madzhab ini berpegang kepada Al-Qur’an dan Sunnah, dan dalam hal-hal yang tidak disebut hukumnya dalam kedua sumber tersebut maka dicari di dalam fatwa-fatwa sahabat Rasulullah. Tetapi apabila fatwa-fatwa tersebut diperselisihkan, maka yang diambil sebagai rujukan adalah fatwa yang lebih mendekati kebenaran Al-Qur’an dan hadits. Madzhab ini juga menggunakan hadits Mursal atau hadits dha’if yang tidak terlalu lemah. Qiyas baru dipergunakan apabila dalam keadaan yang sangat terpaksa.

Demikian sekilas tentang Imam Ibn Hanbali. Semoga tulisan ini bermanfaat !

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar