2

Mengenal imam Abu Hanifah (0)

Ayuma Sofyati March 9, 2021

Abu hanifah adalah nama panggilan dari ” Nu’man Ibn tsabit Ibn Zautha” , yaitu nama abu hanifah sewaktu masih kecil. Beliau diahirkan di kuffah pada tahun 80 hijriyah  ( 696 M ) , sebuah kota kecil yang sekarang mejadi bagian dari negara irak . Pada tahun kematiannya , secara kebutulan lahir pula imam syaf’i

Secara etnis, imam abu hanifah berdarah Afganistan karena kakeknya yang bernama zautha berasal dari kota kabul  Afganistan.

Zautha termasuk salah seorang yang di tawan pada saat tentara islam dimasa pemerintahan usman bin Affan mengadakan ekspansi ke negara-negara persia, khurasan dan afganistan.

Penawanan atas diri zautha disebabkan karena ia termasuk salah seorang tokoh dan pembesar negeri yang di taklukan .

Terdapat beberapa versi periwayatan yang menjelaskan tentang sebab-sebab abu hanifah dipanggil sebagai abu hanifah .

Versi pertama : menerangkan bahwa hanifah merupakan nama dari salah seorang anaknya. Abu hanifah berarti bapak dari hanifah. Oleh karenanya beliau dipanggil Abu hanifah

Versi kedua: menjelaskan bahwa beliau terkenal sebagai seorang yang taat kepada Allah . Beliau memiliki kecendrungan yang sangat tinggi terhadap agama Islam dan sangat teguh didalam memegang prinsip -prinsip Agama serta tidak mudah di ombang ambingkan oleh suasana yang melingkupinya. Term hanifah berarti cendrung. Dan abu hanfiah merupakan panggilan bagi seorang yang memiliki kecendrungan tinggi terhadap Agama Allah.

Versi ketiga : menerangkan bahwa Abu hanifah sangat erat kaitannya dengan tinta, yang dalam bahasa irak disebut hanifah. Kemana saja abu hanifah pergi senantiasa membawa tinta sebagai sarana menulis, sehingga ia dipanggil oleh guru-guru dan sahabat-sahabatnya dengan Abu hanifah atau bapak tinta .

Abu hanifah mempelajari bebagai cabang ilmu diantaranya Ilmu kalam, juga imu fiqih . Menurut satu riwayat untuk memperdalam ilmu fiqih ini beliau berguru pada ahli fiqih terkemuka dari bermacam-macam aliran yang ada pada waktu itu. Tidak kurang dari dua ratus ulama besar yang di datangi beliau untuk belajar kepada mereka. Ulama – Ulama tersebut merupakan ulama tabi’in, dan Tabi’i Al- Tabi’in yang hidup setelah priode sahabat. Disamping ulama-ulama tersebut terdapat para sahabat nabi yang ikut mempengaruhi pola pikir dan kepribadian sikap prilaku yang dikembangkan Abu hanifah dikemudian hari. Sahabat-sahabat tersebut adalah:

1.Umar ibn khattab . Beliau tertarik kepada cara-cara yang dkembangkan umar didalam mengistimbatkan hukum dengan menggnakan kemaslahatan atau kepentingan umum

2. Ali Ibn Thalib. Beliau tertarik dengan cara- cara di dalam memahami hakikat ajaran islam dan mengamalkan secara konsekwen

3. Abdullah Ibn mas’ud . Beliau tertarik kepada ketekunan kesungguhan dan pengabdiannya dalam mempelajari agama islam

4. Abdullah Ibn abbas. Beliau tertarik kepada cara-cara di dalam memahami ayat-ayat Al-qur’an dan secara kebetulan Abu hanifah memperoleh pengetahuan tentang Al-qur’an dan cara-cara menafsirkannya dari ibnu abbas

Abu hanifah merupakan tokoh yang hidup dalam dua masa pemerintahan islam. Beliau dilahirkan pada masa pemerintahan dinasti Umayyah, tepatnya pada saat khalifah Abd . Malik Ibn Marwan memegang kendali pemerintahan, dan meninggal pada masa pemerintahan Khalifah Ja’far Al-Mansur dari dinasti Abbasiyyah . Beliau hidup selama 52 tahun dalam pemerintahan dinasti Umayyah dan 18 tahun dalam pemerintahan dinasti Abbasiyyah.

Mazhab hanafi

Mazhab hanafi dinisbatkan kepada nama imam Abu hanifah, yaitu seorang yang di anggap oleh pengikut-pengikutnya sebagai pendiri mazhab ini.

Abu  hanifah dalam mentapkan hukum dari suatu permasalahan senantiasa mengacu kepada pokok-pokok pegangan sebagai berikut:

1.   Kitab Al-qur’an

2.   Hadis-hadis shahih

3.   Fatwa para sahabat

4.   Qiyas

5.   Istihsan

6.   Adat – istiadat yang berlaku di kalangan umat islam  

Dan dalam riwayat yang lain beliau juga memakai ijma’ dan maslahah mursalah.

Demikian sekelumit tentang imam Abu Hanifah yang di nisbatkan kepada Mazhab hanafi .Semoga bermanfaat

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar