0

Mengenal Google Workspace for Education (0)

Muhammad Nur'alim March 2, 2021

Saat ini bapak ibu guru banyak memanfaatkan akun belajar.id untuk pembelajaran. Akun tersebut diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun berbasis google ini dibagikan secara gratis untuk bapak ibu guru dan seluruh siswa. Data guru dan siswa diambil dari dapodik. Tentu kita semua sudah mafhum akan akun ini. Yuk kita mengadaptasinya untuk proses pembelajaran jarak jauh.

Baru baru ini Google melakukan rebranding fitur Google Suite for Education menjadi Google Workspace for Education. Sebagaimana kita ketahui bahwa akun belajar.id itu berbasis Google for Education. Artikel tentang ini sudah pernah ditulis di website guraru. Silakan cek kembali di https://guraru.org/guru-berbagi/5-cara-mendaftar-mengaktifkan-google-suite-for-education/ Banyak keunggulan yang didapat dari Google Suite for Education.

Nah, pada artikel kali ini akan kita mengenali rebranding Google Workspace for Education. Pada tanggal 18 Februari 2021 lalu, Google mengenalkan pengalaman belajar baru bersama Google Workspace for Education. Kira-kira apa saja perbedaannya dengan sebelumnya. Yuk kita simak.

Google Workspace menawarkan ragam pilihan paket berlangganan platform untuk pembelajaran yang aktif mulai 14 April 2021. Dalam paparan Webinar REFO Indonesia yang dapat diakses di Youtube, disampaikan ada beberapa paket pilihan berlangganan untuk Google Workspace sebagai berikut.

1. Education fundamentals

Paket Education fundamentals merupakan paket Google workspace standar untuk program pendidikan secara gratis. Akun belajar.id yang kita miliki dibangun berdasar paket ini. Demikian juga jika di sekolah bapak ibu yang memiliki Akun Gsuite sendiri dengan domain sekolah, juga mendapatkan platform Education Fundamentals ini.

  1. Aplikasi yang didapat dari Education Fundamentals ini terdiri platform dasar seperti Gmail, dan Drive untuk penyimpanan data.
  2. Kita juga tetap dapat memanfatkan dengan Docs, Sheets, Slides, Sites dan Jamboard untuk kepentingan kolaborasi dalam pembelajaran secara real time.
  3. Bapak ibu guru memanfaatkan Classroom dan Asignments untuk pengelolaan pembelajaran di kelas.
  4. Komunikasi virtual tetap dapat dilaksanakan di mana saja bersama Google Meet, Chat dan Gmail.
  5. Adapun penyimpanan di Drive mengalami perubahan menjadi 100 TB. Ini berbeda dengan GSuite sebelumnya yang kita dapatkan Unlimited Storage.

Itu adalah aplikasi yang didapat pada Education Fundamentals yang dapat dimanfaatkan bapak ibu guru untuk pembelajaran.

Lalu apa perbedan dengan versi selanjutnya. Kita dapat simak berikut ini.

2. Education Standar

Pada Edisi Education Standar, kita akan mendapatkan manfaat sekuritas dan fitur analisis. Selain platform yang ada pada edisi fundamental di atas, kita mendapatkan tambahan fitur pengelolaan keamanan dan analisis. Beberapa di antaranya adalah Security Center dasboards, healty pages dan tool investigasi. Pengelolaan device dan aplikasi terpusat. Gmail log dan classroom log export untuk analisis pada BigQuery. Tracking penggunaan domain dengan audit logs pada Drive, device, LDAP dan lainnya.

Beberapa aplikasi ini dapat dimanfaatkan admin pada Edisi Suite sebelumnya. Namun akan menjadi berbayar pada versi Workspace yang akan berlaku mulai 14 April 2021

3. Teaching and Learning updates

Edisi Teaching and Learning Updates ini lebih banyak dari edisi Fundamentals dan Standar.

Upgrade participant Google Meet menjadi 250 peserta

Jika pada edisi sebelumnya, kita hanya mendapat 100 participant pada Google Meet, untuk edisi ini dapat upgrade sampai 250 participant Google Meet dan live stream hingga 10.000 partisipan dalam domain.

Pada Google Meeting edisi ini kita dapat menikmati Fitur Q&A, pools, attendance tracking, breakout rooms dan recording.

Untuk memperoleh versi ini tentunya berbayar, yang dapat dilakukan melalui admin dalam domain GSuite nya.   

4. Education Plus

Edisi Education Plus ini tentu lebih besar lagi, yakni 100.000 viewer partisipan Google Meet dalam  domain. Fitur lainnya adalah Cloud Search yang memungkinkan kita melakukan pencarian dalam seluruh aplikasi, tidak hanya Search pada gmail dan drive saja, tapi bisa search dalam classroom misalnya. Bisa dilakukan pada edisi Education Plus ini.

Demikian tulisan tentang mengenal lebih jauh Google Workspace for Education. Kita sebagai guru tentu dapat memanfaatkan fitur Education yang disediakan google untuk pembelajaran. Untuk mengetahui lebih jauh perbandingan setiap edisi, dapat kita lihat pada https://edu.google.com/products/workspace-for-education/editions/

Terimakasih

Keep Teaching and Learning.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar