0

Mengembangkan Pola Pikir Growth Mindset (0)

Yusmini April 6, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Semoga sahabat Guraru-ers semuanya selalu dalam keadaan sehat dan semoga tetap semangat menambah pengetahuan. Kali ini pembahasan artikel kita adalah mengenai “Mengembangkan Pola Pikir Growth Mindset.”

Sering kali kita mendengar perkataan “Saya gagal lagi dalam ujian, saya memang tidak pintar“. Mungkin mindset atau pola pikir ini yang sering ada di pikiran beberapa siswa yang merasa tidak mampu berhasil dalam ujian. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal. Para guru dapat membantu siswa mengembangkan pola pikir yang dapat membantu mereka menuju kesuksesan dalam belajar.

Carol Dweck, seorang peneliti mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success, bahwa terdapat 2 jenis pola pikir yaitu fixed mindset (pola pikir tetap) dan growth mindset (pola pikir bertumbuh/berkembang). Salah satu hal yang membedakan antara kedua pola pikir tersebut adalah jika orang-orang dengan fixed mindset percaya bahwa kualitas, kemampuan dan talenta mereka bersifat pasti dan tidak dapat berubah. Sedangkan orang-orang dengan growth mindset percaya bahwa pembelajaran dan kecerdasan dapat tumbuh seiring waktu dan pengalaman.

Dalam fixed mindset (pola pikir tetap), individu percaya bahwa kemampuan dasar mereka, kecerdasan mereka, bakat mereka, hanyalah merupakan sifat tetap. Mereka yang memiliki fixed mindset percaya bahwa tidak ada peningkatan bakat atau kemampuan mereka. Mereka percaya bahwa mereka akan dilahirkan dengan semua kemampuan yang mereka miliki. Mereka hanya senang mendengar tentang kesuksesan mereka. Di sisi lain, mereka yang memiliki fixed mindset merasa takut gagal, karena mereka melihatnya sebagai tidak pernah bisa sukses di masa depan. (https://en.wikipedia.org/wiki/Mindset#Fixed_and_growth_mindset)

Growth mindset merupakan pola pikir yang akan membantu terbentuknya pola pikir positif, seperti percaya diri serta keyakinan untuk lebih berkembang dari keadaannya saat ini. Orang-orang dengan growth mindset, percaya bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat dikembangkan dengan upaya, pembelajaran, dan ketekunan.

Berikut ini perbandingan ungkapan yang diberikan antara fixed mindset (FM) dan growth mindset (GM) dalam menyikapi suatu hal, antara lain:

FM: Saya gagal lagi, saya memang tidak mampu apapun

GM: Saya belajar dari kegagalan  

FM: Saya akan menyerah jika sesuatu itu sangat sulit

GM: Saya akan tetap berjuang menyelesaikan sesuatu meskipun itu sulit

FM: Saya tidak sepintar dia, jadi saya tidak pernah mencapai prestasi sepertinya

GM: Saya menyadari bahwa mencapai tujuan itu memerlukan waktu dan usaha

FM: Saya takut untuk melakukan kesalahan

GM: Saya belajar dari kesalahan dan mengambil risiko

FM: Saya tidak dapat melakukan itu! Saya tidak akan pernah sebaik mereka.

GM: Saya dapat mengatasi ketakutan saya dan menjadi seorang yang pemberani

FM: Saya tidak dapat melakukannya

GM: Saya bisa melakukannya dengan usaha

FM: Saya tidak akan pernah pintar

GM: Saya akan belajar bagaimana melakukan hal itu

Orang-orang dengan growth mindset percaya bahwa seseorang yang berbakat dalam satu hal disebabkan karena mereka membangun kemampuan itu. Mereka fokus pada proses untuk menjadi lebih baik, cenderung menerima tantangan dan berusaha bertahan. Mereka pun menghargai umpan balik (feedback) yang diberikan kepadanya dan menggunakannya untuk menjadi lebih baik lagi. Tidak ada kesuksesan yang diperoleh tanpa usaha, semuanya butuh perjuangan. 

*Semoga bermanfaat*

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Mindset#Fixed_and_growth_mindset

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar