5

Mengembangkan kreativitas Guru dengan Memanfaatkan Perkembangan Teknologi (0)

Ahmad Yusran October 9, 2020

Seorang guru merupakan inovator yang pada dasarnya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi pembelajaran. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, proses pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Menjadi guru yang kreatif di era digital memang membutuhkan persiapan yang lebih. Para guru harus beradaptasi dalam menggunakan platform pembelajaran yang disediakan oleh startup pendidikan maupun memanfaatkan media sosial untuk bertukar berbagai informasi dan pengetahuan sesuai kebutuhan proses belajar mengajar. Dengan begitu, materi yang disampaikan bisa lebih mudah didapatkan oleh siswa meski berada di rumah saja.

Untuk lebih memahamkan materi kepada siswa, kita harus memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebelum mengajar biasakanlah untuk melakukan riset terlebih dahulu agar mengetahui hal apa saja yang bisa dijadikan contoh dalam menyampaikan materi ajar. Sebagai guru kita juga harus mengetahui kapasitas siswa. Jangan memberikan tugas yang terlalu banyak kepada mereka. Karena setiap orang memiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda-beda dalam memahami materi. Oleh karena itu, berikanlah tugas sewajarnya.

Guru merupakan sosok utama bagi pendidikan yang memiliki tugas dalam mendidik, mengajar, memberi penilaian dan melakukan evaluasi berkala kepada siswa. Menumbuhkan motivasi belajar merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar siswa. Memang berat menghadapi tantangan di masa pandemi sekarang ini. Akan tetapi, dengan dedikasi dan semangat yang kuat merupakan sebuah batu loncatan penting bagi sistem pendidikan nasional. Teruslah mengedukasi para pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia. Semoga kondisi bumi ini segera membaik agar proses pembelajaran secara langsung bisa kembali seperti semula. Aamiin. 🙏

Guru Era Baru (Guraru)
#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (5)

  1. Selamat malam Bapak Ahmad 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar