8

Mengatasi Prilaku Remaja Yang Negatif (+1)

Sri Sugiastuti January 15, 2014


Prilaku remaja yang negatif kerap membuat para orangtua pusing. Remaja sering membuat masalah dan menjengkelkan orangtua. Bagaimana prilaku anak remaja Anda? Apakah Anda memiliki masalah yang serius dengan prilaku negatif anak Anda?

•Sabar salah satu usaha untuk mengatasi masalah anak remaja
Bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi bila orangtua dalam menghadapi remajanya yang bermasalah tanpa kesabaran? Sebenarnya kita paham bahwa sabar merupakan cara mengatasi maslah yang paling jitu. Jika tidak dengan kesabaran, bagaimana mungkin akan sanggup menghadapi setiap masalah anak remaja dengan baik dari sejak bangun tidur sampai tidur kembali.

Sabar disertai dengan niatan ikhlas hanya semata-mata untuk mencari ridlo Allah SWT akan menjadi energi yang luar biasa dalam menjalani kehidupan. Maka seberat apapun beban dan ujian yang diberikan lewat anak remaja Insya Allah akan dapat dihadapi dengan ringan. Apalagi bila kita bisa membayangkan ke depannya mereka akan menjdai orang sukses di dunia dan di akhirat dan kita pun mendapat kekayaan yang luar biasa karena memperoleh buah dari kesabaran kita.

•Orangtua perlu tawakal dan berdoa dalam menghadapi anak remaja.

Tak ada masalah yang tidak ada penyeselesaian. Begitu pula dengan persoalan anak remaj kita. Bertawakallah kepada Allah, maka akan diberi jalan yang kadang di luar perkiraan. Saat sudah merasa sangat tertekan dengan persoalan remaja yang melelahkan, rasanya sudah tidak ada jalan keluar, tanpa diduga terjadi perubahan yang luar biasa pada remaja kita. Kepasrahan puncak kepada Allah perlahan akan meringankan beban dan tidak menimbulkan stress yang berkepanjangan.

Berdoalah selalu minta bantuan Allah SWT dalam menyelesaikan masalah remaja kita. Kadang kita sudah berusaha optimal untuk memperlakukan dan memberikan yang terbaik. Tetapi sejatinya hanya Allah jualah yang membukakan mata, hati dan pikiran anak remaja kita untuk mau mengerti seperti yang kita inginkan. Sebutkan namanya satu persatu ketika mendoakan mereka. Mintalah jalan kepada Allah sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk masing-masing anak. Doa akan memberikan kekuatan ketika kita menghadapi remaja dan permasalahannya. Karena hanya Allah jualah yang paling mengerti apa yang terbaik untuk anak remaja kita. Doa akan menguatkan kita dalam menghadapi masalah seberat apapun.

Orangtua yang normal memang mendambakan anak remajanya bisa terhindar dari masalah dan bisa tumbuh kecerdasannya sehingga ketika dewasa kelak benar-benar siap menghadapi kehidupan ini.
Padahal di luar sana banyak sekali remaja yang dalam hidupnya mengalami masalah dan prilakunya membuat si orangtua kewalahan dalam menyikapinya. Dari Buku Panduan yang ditulis Wayne Rice dkk yang berjudul “Help there’s a teenager in My House” mengupas banyak kasus antara orangtua dan remaja. Sebagian dari kasus tersebut bisa kita pelajari dan mungkin bisa dijadikan rujukan dalam mengatasi masalah yang dihadapi remaja dan orangtuanya.

Pertanyaan dan solusi berikut ini adalah kasus yang dialami orangtua dan remaja dan cara menyelesaikannya dengan solusi yang mudah dan bisa diaplikasikan dengan syarat harus ada kemauan, telaten dan pantang menyerah.

Yuk jangan menyerah..!

Comments (8)

  1. Benar bu, kita harus selalu memohon kepada Allah SWT jalan terbaik, dan kita terus berupaya melayani mereka, memberi contoh, menunjukkan dampak negatif jika melakukan hal-hal yang tak disukai Allah, tetap dengan kasih sayang. Ya pak Isna, saya sepakat. Thx foe sharing bu, salam.

  2. Bu Etna, kita saat ini sering miris dengan tingkah laku remaja yang kadang nyerempet bahaya. Dan saya yakin ibu sudah lebih banyak pengalamaan dalam mengatasi anak didik ” istimewa” bila kita tidak terlambat mengatasinya, insyaalah mereka dapat menemukan jati dirinya dan akhirnya bisa mengembangkan diri menjadi orang yang sukses.

  3. Tugas kita memang salah satu itu Pak Kani. Tapi kadang banyk juga orangtua yang kurang bertanggungjawab dalam memelihara amanah yang diberikan Allah berupa remaja yang super ingin tahu dan kadang “mogol” karena memang masa peralihan. Kalau tidak pandai mengatasi atau terlambat sedikit saja pasti akibatnya bisa fatal.
    Terima kasih Pak Kani.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar