7

Mengatasi anak yang kurang bisa berkonsentari ( ask ) (+5)

Muhamad Fajri Firdaus March 3, 2014

Saat ini saya sudah 2 bulan mengajar privat anak kelas 3 sd. Masalah anak ini adalah sulit berkonsentrasi dalam belajar. Beberapa kali saya tanya kedia kenapa sih kok susah konsen ? Jawaban anak itu adalah karena suasaan kelas yang tidak kondusif ( sering ribut ) dan juga di ganggu temannya.

Dengan sulit berkonsentrasi ini, secara otomatis anak ini sulit menerima pelajaran di sekolah sehingga gurunya ( terutama wali kelas ) selalu bilang anak ini kurang, apa-apa belajarnya kurang. Si anak dan orang tua nya pun tidak terima dengan komentar guru tersebut. Saat di les dengan saya, ternyata anak ini cukup baik, tidak ada masalah belajar yang berarti dan menggangu ( walau terkadan bosan dan ingin main ). Dia mampu menerima pelajaran yang saya les kan dengan baik, mampu tanya jawab, dan mampu mengerjakan soal. Namun sayang sekali pada saat UH 1 kemarin hasil UH nya tidak memuaskan.

Mungkin kembali lagi kepada keadaan kelas yang menjadi masalah anak itu. Si anak pun sebenarnya senang belajar dengan saya. Mendapat masalah itu saya sekarang bingung harus bagaimana.

Apa cara mengajar saya yang perlu di perbaiki?

atau bagaimana cara agar membantu anak itu bisa lebih konsentrasi?

Apa yang harus saya lakukan? tolong bantuannya teman-teman guraru

Comments (7)

  1. nah iya itu bu sri. saya khawatir ibunya “hopeless”

    yang saya dapat dari buku “STOP MENGAJAR JIKA….” karya pak asep sapaat adalah seperti ini
    -otak manusia seperti katup teko yang akan terbuka jika dalam keadaan nyaman, dan senang sehingga mudah menerima pelajaran yang di ajarkan-

    anak itu cerita “gurunya bilang saya kurang mulu, kurang darimananya tau, sedikit kurang, apaan tau”

    anak itu sudah tidak senang sama gurunya, di tambah dengan kelas yang kurang kondusif dan komentas guru tersebut. gimana mau nerima pelajaran nya?

    kontra banget sama pas belajar sama saya dan cerita dia di sekolah

  2. Ketika dg bpk bisa namun UH blm bgs, berarti saat UH sugesti anak amat kuat bhw dia tak suka di sana. Shg blok otak muncul lagi dan menghambat pikiran yg berasal dari perasaannya. Perasaan itu dari otak kecil dan pikiran dari otak besar yg perbandingan kapasitasnya perasaan 9 x pikiran. Inilah yg perlu wkt lbh lama. Bpk hrs sabar. Salam perjuangan.

  3. iya mungkin anaknya sudah tidak senang di kelas itu karena selalu di ganggu dan jadi bahan bulan-bulan guru yang menganggap anak itu kurang dan selalu kurang.

    itu yang di pertama kali di keluhkan oleh ibu si anak kepada saya, ibunya merasa tersinggung sama komentar gurunya itu.

    iya makanya heran kok bisa masih tetep ga bisa pas UH itu…

    lebih baik gimana ya cara saya mengajar dia?

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar