5

Mengapa Anak Sebaiknya Mengikut Lomba? (0)

Thurneysen Simanjuntak March 29, 2021

Dalam berbagai kesempatan, tentu kita sering melihat perlombaan yang diperuntukkan untuk anak. Salah satu lomba anak yang tidak kalah menarik yakni disaat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Ada perlombaan makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng dalam sendok, memasukkan benang dalam jarum, panjat pinang, dan masih banyak lagi.

Hampir semua sekolah begitu bersemangat untuk merayakan lomba HUT RI. Bukan saja di sekolah, tetapi di lingkungan tempat tinggal juga tidak mau kalah.

Sebenarnya pentingkah seorang anak untuk mengikuti lomba? Lomba apa saja sebaiknya yang diikuti oleh anak?

Pertanyaan ini, pernah juga saya diskusikan dengan beberapa teman yang sudah menjadi orang tua. Dari hasil diskusi kami, semua yang terlibat dalam diskusi tersebut sepakat bahwa lomba itu penting buat anak. Tapi tentu dengan berbagai catatan.

Kalau begitu apa saja arti penting dari lomba untuk anak tersebut?

Dalam kehidupan nyata, kelak anak tidak dapat menghindari adanya persaingan dalam berbagai hal. Melalui lomba, anak tentu bisa belajar bahwa harus terbiasa berlatih dan mengembangkan diri serta semangat pantang menyerah. Membiasakan diri dengan target capaian.

Tidak lupa pula untuk membangun cara pandang bahwa dalam sebuah kompetisi pasti ada yang menang atau kalah. Untuk itu, seseorang harus siap menang atau kalah. Jangan pernah mendendam ketika kalah dalam kompetisi atau tidak menerima hasil kompetisi. Sepahit apa pun hasil kompetisi harus menjadi pembelajaran. Misalnya, harus menyadari bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda.

Selain itu, seorang anak juga dapat terbangun rasa percaya dirinya ketika sering mengikuti lomba. Dapat juga dijadikan sebagai ajang untuk mengevaluasi diri, hal-hal apa yang menjadi kekuatannya yang harus dipertahankan, hal-hal apa yang menjadi kekurangannya untuk diperbaiki atau ditingkatkan.

Dan tentu masih banyak lagi yang dapat dijadikan sebagai manfaat dari lomba anak tersebut.

Selanjutnya, kalau ditanya lomba apa sebaiknya yang harus diikuti oleh anak. Tentu tergantung hal apa yang ingin dikembangkan dari seorang anak. Apakah ingin memperkuat kognitifnya? Psikomortorik atau keterampilan tertentu? Atau afektif atau sikap diri.

Di luar sana tentu ada banyak lomba yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tergantung orang tua atau pihak yang membimbing anak tersebut. Tetapi alangkah baiknya lomba yang diikuti olah anak disesuaikan dengan bakat dan minat, atau hal-hal yang dianggap berpotensi untuk mengembangkan dirinya.

Tetapi satu hal yang perlu ditanamkan, jangan pernah ikut berlomba untuk memperoleh hadiah, tetapi harus lebih ditekankan pada proses yang dapat membentuk diri dan mengembangkan diri. Kalau pun mendapatkan hasil yang terbaik, atau hadiah, jadikan saja itu sebagai bagian dari bonus atas kerja keras. Intinya jangan pernah menjadi tujuan.

Bagaimana menurut sahabat pembaca? Butuh saran dan kritik. Salam

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar