4

Mengajar Matematika melalui Daring di Masa Pandemi Covid 19 (0)

Rifana Luudi February 8, 2021

Hampir setahun sudah pembelajaran tatap muka belum berjalan seperti biasanya. Ada beberapa daerah yang sudah melaksanakan tatap muka terbatas tetapi didaerah lain masih menunggu izin Pemerintah Daerah dikarenakan peningkatan jumlah pasien positif Covid 19.

Oleh karena belum diizinkannya pembelajaran tatap muka maka guru maupun siswa melaksanakan pembelajaran salah satunya melalui pembelajaran secara daring dengan menggunakan media-media dan aplikasi seperti WA, Zoom, Google Meet, Rumah Belajar dan sebagainya.

Pembelajaran secara daring ada kelebihan dan kekurangannya terutama dalam pembelajaran Matematika. Seperti kita tahu bersama bahwa kemampuan peserta didik itu berbeda-beda terutama dalam pelajaran Matematika. Ada peserta didik yang materinya perlu dijelaskan secara rinci untuk bisa mengerti, ada yang bisa mengerti materi dengan belajar sendiri, mencari tahu sendiri dengan membaca buku atau mencari di internet tanpa perlu penjelasan yang rinci dari guru dan ada juga yang perlu diberikan motivasi lebih untuk bisa fokus dan mengerti apa yang diajarkan.

Sekedar berbagi pengalaman mengajar matematika melalui pembelajaran daring, ada beberapa tips yang dapat digunakan guru agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mengerti apa yang diajarkan sehingga tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan benar .

  1. Materi yang akan diajarkan dan tugas yang akan diberikan sudah dipersiapkan dengan baik oleh guru. Untuk materi ada baiknya disusun sendiri oleh guru, jangan hanya screenshoot/foto materi di buku paket kemudian dibagikan kepada peserta didik dan tugas yang akan diberikan sudah terlebih dahulu dikerjakan oleh guru, sehingga saat memeriksa tugas peserta didik lebih memudahkan guru itu sendiri.
  2. Berikan waktu yang lebih untuk peserta didik menyelesaikan tugas yang diberikan. Ada baiknya lebih dari satu hari karena mengingat ada peserta didik yang bermasalah dengan kouta internet atau handphone, tetapi jangan juga terlalu lama nanti tidak akan lagi dikerjakan peserta didik.
  3. Setiap tugas yang dimasukkan peserta didik harus diperiksa dan berikan nilai jika benar. Jika masih salah bimbinglah peserta didik tersebut sampai ia mendapatkan jawaban yang benar. Pengalaman saya mengajar jika tugas tidak diperiksa, pada pertemuan berikutnya tugas tidak lagi dibuat, karena mereka beranggapan bahwa percuma tugas dikerjakan jika tidak diperiksa. Memang karakter siswa berbeda-beda.
  4. Berikan pujian bagi peserta didik yang dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru.
  5. Sesekali berikan reward bagi peserta didik yang rajin mengikuti pembelajaran dan selalu tepat waktu memasukkan tugas. Pengalaman saya mengajar, karena pembelajaran dilakukan secara daring maka reward yang berikan untuk peserta didik yang seperti itu diberikan pulsa walaupun tidak banyak namun dapat digunakan peserta didik untuk pembelajaran. Biasanya saya mengambil 5 peserta didik secara bergantian untuk diberikan reward tersebut.

Demikian tips dari saya, berdasarkan pengalaman selama mengajar Matematika di masa pandemi Covid 19. Tips bisa dapat diterapkan dan bisa juga tidak karena keadaan dan kemampuan peserta didik berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Tagged with:

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar