2

Mengajar dari genteng rumah mencari Signal terkuat (0)

Heri Mahbub N October 17, 2020

Assalamualaikum…

Ramadhan 2020, Signal online harus kuat sekuat hatimu mengajar

Hallo apa kabar guru-guru terbaik di era baru, semoga sehat semuanya ya.

Perkenalkan, nama saya Heri Mahbub N, lebih dari 10 tahun menjadi guru di sebuah sekolah SMP di Kota Cimahi, tepatnya SMP IT Boarding School Baitul Anhsor, mengampu mata pelajaran PAI, karena sistemnya Boarding, saya juga bertugas membantu keasramaan, pembinaan karakter, Mengajar Al Quran, bimbingan di malam dan membangunkan di waktu subuh, dzikir pagi, membaca dan menghafal kitab Suci yang menjadi program unggulan di Boarding School seperti pondok pesantren namun kurikulum mengacu ke Dinas ini. sejak sekolah ini berdiri ikut mengajar bahkan sejak saya kuliah, sekolah boarding memang sedang trend, mengajar 6 kelas, sistem sekolah yang mondok tentu berbeda dengan sekolah Normal, fullday dll. lalu bagaimana dampak Pandemik terhadap sekolah model boarding, akan sangat menarik dan unik jika diceritakan, yang biasanya peserta didik, anak anak di sekolah, di asrama 24 jam, maka peserta didik sudah seperti anak-anak kandung sendiri, lalu berpisah dan sekarang belajar dari rumah? Tentu akan mendebarkan dilihat dari segala aspek.

Tak terasa sudah 9 bulan kegiatan belajar mengajar berubah, dari tatap muka di kelas menjadi virtual, PJJ di dunia maya, online atau apapun istilahnya itu hal baru yang sekolah kami laksanakan, pembelajaran daring jadi pengalaman mengajar yang kita, guru-guru laksanakan.                                      

 Saya ingat Senin, 16 maret 2020 murid-murid dipulangkan, perasaan yang tak menentu, campur aduk, guru harus mulai mengajar online, dibuat google classroom dengan admin guru tiap kelas, saya juga harus cepat belajarnya, harus membuka email tiap hari,mengecek tugas siswa, menilai secara online dsb.

Menyesuaikan era baru dizaman sekarang, pendidikan terasa berbeda, bingung, gagap digital, sangat terasa beda, yang berdampak pada segala model pembelajaran yang saya lakukan. Kouta yang besar menjadi kebutuhan, dulu 1 bulan 5 Giga cukup untuk aplikasi sendiri, sekarang minimal harus tersedia 20 Giga untuk kouta mengajar. Jangankan mengenal Zoom, GoogleMeet, atau video conference lainnya, saya termasuk gaptek, Handphone hanya digunakan untuk Panggilan Telefon, Whatshapp, belum pernah belajar media pembelajaran video. Apalagi kompetensinya belajar membaca dan menghafal AlQuran, lebih utama langsung tatap muka, karena harus jelas, cara membaca sesuai kaidah tajwid, makhroj yang harus tepat pengucapannya. 

Al kisah, awal pandemik dan PSBB di Jawa Barat, saat itu sekolah kami akan mengadakan tes PPDB Tahun ajaran 2020-2021, tentu tes baca Al -Qurannya Online, bahkan ada lomba MTQ untuk umum, agenda inilah yang mau saya ceritakan karena dari kisah ini, saya cepat belajar, pakai ilmu kepepet, dipaksa untuk bisa, menjadi penguji juga juri untuk bacaan Al Quran, diwaktu lain mengajar di kelas, dari agenda itu saya belajar Video Conference Online, dari tes dan kompetisi online itu, saya aplikasikan ke model perlombaan online di kelas, jadi pembelajaran online, terus terbiasa saya gunakan untuk metode pembelajaran di kelas sampai sekarang, pembelajaran online dengan media video conference.  

Kisah lain saya yang unik ingin dibagikan, terkait mencari signal, jaringan internet bahkan sampai pernah naik ke genteng rumah dan atap mesjid, aplikasi seperti Zoom, google meet butuh signal yang kuat, karena video kamera harus dinyalakan. signal dirumah untuk jaringan 4G lemah, bahkan kadang hilang, harus mencari waktu yang pas dan posisi diatas, harus mengganti operator kartu lain, atau mencari Wifi disekitar, sering meminta istri untuk pakai hotspot yang bagus. Ada cerita yang menarik, saat menjadi juri bagi peserta didik,  anak-anak pun banyak yang masalahnya sama, saat saya suruh anak-anak mencari jaringan dengan signal yang bagus, ayo naiklah ke atas genteng seperti bapak, mungkin saat itu jika ada pelajar, anak-anak yang berada di atas genteng, itu murid saya, tapi untuk belajar ya bukan main layangan, atau main game oke hehe

Proses belajar online, apalagi di awal pandemik, pasti banyak kendala, mengajar PAI dan Al Quran, menghafal Al Quran ya harus dengan Video conference selain aplikasi lainnya, itu tantangan namun menjadi menarik dan unik bahkan orangtua senang dengan pembelajaran khusus Hafalan Quran online tersebut, komentar orangtua siswa itu pembelajaran favorit, daring tidak berubah menjadi darting, peran dan bantuan orangtua sangat penting, bahkan semuanya belajar, memindahkan program Boarding School yang biasa di sekolah dan Asrama 24 jam menjadi online di rumah. Bahkan dimanapun bisa belajar, menghafal dan mengulang/murajaah Al Qur’an, bahkan di genteng rumah.

Saat itu  juga mendekati dan menyambut bulan suci Ramadhan 2020, sesudah saya belajar tentang media pembelajaran dan mengkondisikan signal yang bagus, setelah lebaran memasang jaringan internet sendiri, semuanya menjadi lancar, masalah PJJ, signal daring bisa diatasi, tinggal mau berproses belajar, mau berubah, jangan mengeluh, harus tetap optimis, kouta gak jadi kendala, kemdikbud pun memberi jatah kouta belajar ke tiap guru, terimakasih ya, sangat bermanfaat bantuannya. semangat ini akan menular ke murid-murid kita dan saya semakin yakin adaptasi baru ini pembelajaran terus semakin baik, semoga masa depan pendidikan bangsa kita akan semakin maju dan berkualias. semua kembali kepada kita sebagai pendidik. semangat mengajar dari genteng rumah akan jadi signal yang terus menguat. Amin.

Malam minggu, 17 Oktober 2020.

(Heri Mahbub N)

Penulis adalah seorang guru ngaji, Sekolah Boarding di Cimahi.

#WritingCompetetion

#NewNormalTeachingExperience

Comments (2)

  1. Selamat Siang 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar