20

MENDIDIK SISWA DI BALIK KACA (+7)

mokhamad subakri May 13, 2015

Mengajar di SD sangat berbeda dengan SMP apa lagi SMA. Usia anak SD masih getol dengan dunia bermain dan bercanda. Kebiasaan mereka untuk bercanda tak luput juga terbawa saat proses pembelajaran. “lengah” sedikit mereka akan bikin ulah.

Kemampuan konsentrasi anak SD untuk fokus pada pembelajaran rendah, apa lagi jika gurunya mengajar seperti WI mengisi seminar. Pantat mereka seakan gatal menempel di kursi, ingginya berjalan, berlari, dan melompat. Ada gurunya saja mereka pingginnya “umek”, apa lagi jika gurunya tidak ada di kelas. Wah, kelas akan menjadi pasar mendadak. Begitulan anak-anak SD belajar. Apa lagi anak desa …. heeee …. Pastinya Anda belum merasakan bukan?

Inilah pendidikan, guru era baru tak boleh kalah dengan siswa-siswa “builling”. Banyak cara untuk membuat mereka jera dan kembali ke “jalan yang benar”. Mendidik mereka untuk menyadari bahwa yang mereka lakukan kurang tepat, adalah tindakan efektif dari pada mengukum mereka dengan fisik. Langkah ini bisa dilakukan oleh guru dengan hiden kamera.

mendidik siswa di balik

Langkahnya mudah banget. Saat kelas diberi tugas, kita pura-pura saja ke belakang atau ke kantor. Sebelum Anda meninggalkan meja kelas, letakkan kamera hp yang sudah ON. Arahkan ke siswa yang akan kita bidik. Biasanya 3 sampi 5 menit sudah cukup untuk merekam tingkah mereka yang aktif. Jangan langsung menunjukkan hasil rekaman kita. Tunggu kelas usai, cari waktu yang nyaman. Copy file video tadi ke laptop agar gambar lebih jelas. Ajak siswa tersebut untuk nonton bareng di tempat yang nyaman tanpa diketahui oleh guru apa lagi teman yang lain.

Biarkan dia mengamati sikapnya. Doktrin dengan menunjukkan mana sikap yang baik dan buruk dipertegas. Tekankan rasa malu saat dia melihat sikapnya yang buruk, kembangkan menuju sikap yang baik. Akhiri dengan kesepakatan agar si dia belajar untuk bersikap lebih baik. Jika tidak, disepakati akan nonton video itu lagi bersama.

Boleh juga agar tambah mantab ditambah kisah agama bahwa nanti saat di akhirat akan ditunjukan semua video amal baik dan buruk saat di dunia. Semisal yang dilakukan guru dan siswa saat ini.

Pernah mencobanya? jika belum bisa juga nih ….. jangan lupa ceritakan hasilnya ya ….

 

finalis 15 besar guraru

15 finalis guraru 2013

********************************************

guraruAYO MENDIDIK | m. subakri

********************************************

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

guraru

Tagged with: , ,

Comments (20)

  1. Berat jadi guru di SD ya Pak, berat juga timbangan pahalanya, saya bingung naruh kamera tersembunyinya dimana, kalau ketahuan pasti HP-nya hilang atau dicuri atau dimainkan bersama untuk berfotoria he he he

  2. Berat jadi guru di SD ya Pak, berat juga timbangan pahalanya, saya bingung naruh kamera tersembunyinya dimana, kalau ketahuan pasti HP-nya hilang atau dicuri atau dimainkan bersama untuk berfotoria he he he

    Subhan

    ************************
    heeee … guru sd merangkap multi pelajaran termasuk bk dll,
    kameranya taruh aja di meja guru Pak …. anak-anak mengira hp itu cuman ditaruh, insyaallah aman

  3. Bagus idenya, asal kita yakin bahwa meninggalkan barang berharga seperti HP tak akan bermasalah. Ehmm ya, meletakkannya di mana agar tak ketahuan. Thx sharingnya. Salam sukses.

    Bu Etna @gurutematik
    ********************************8
    siapa dulu guru sy, Bunda Etna kan?
    ditaruh aja di meja kelas, anak-anak mengira hp itu cuman ditaruh (diberdirikan), alhamdulillah anak-anak bisa dipercaya bun ….. kita doakan ahlaqnya baik

  4. MOHON MA’AF
    =======================================
    sengaja sy merepost beberapa tulisan dengan tujuan menurunkan tulisan teman yang salah meletakkan isi tulisan di tempat judul, sehingga membuat tampilan GURARU dot ORG kurang nyaman di lihat 🙂

    semoga berkenan 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar