3

Mencoba Mengajar dengan Menyenangkan (+5)

Rosid Tamami March 29, 2014

Salam sukses.guraruers

Joyful Learning dan meaningful Learning Experience, dua kata ini sering sekali saya dapatkan ketika mengikuti beberapa pelatihan, artinya lebih kurang pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran bermakna, tapi yang terjadi ternyata tidak mudah mudah menerapkan joyful learning dikelas dengan siswa yang heterogen dengan latar belakang berbeda dan tentunya motifasi belajar  yang berbeda.

Yang lebih membuat sulit adalah ketika guru “tidak ingin” menciptakan joyfull learning dan meaningfull learning experience, dan yang seperti itu jumlahnya semoga tidak banyak. :-), karena ketika guru tidak ingin merubah pola pikir dan metode mengajar maka kualitas pembelajaran menyenangkan dan bermakna akan sulit terwujud.

Saya kadang penasaran ketika melihat perkembangan balita mereka begitu cepat belajar hanya dengan meniru apa yang mereka lihat mereka bisa berbicara bisa berjalan bisa melakukan apa saja. Balita tidak seperti sedang belajar mereka hanya bermain dan bergembira tapi esensinya mereka belajar dan balita selalu bertambah kemampuannya  dengan luar biasa diluar perkiraan kita …… apa ini yang dinamakan joyful learning …

_MG_6898

20131213_140524

Saya membayangkan ketika kita sebagai guru mampu membuat joyful learning/meaningful learning experience …. betapa luarbiasanya siswa-siswa kita mereka akan menguasai kompetensi yang ingin dicapai tanpa rasa tertekan dan apa yang mereka capai akan sangat bermakna…. semoga

Comments (3)

  1. Iya pak Rosid, memang tak mudah. Namun tak ada sesuatu yang sulit ketika dengan minat dan niat kuat kita lakukan hal itu. Yuk mengajar dengan penuh kebahagiaan, senyum penuh kasih saying, variasi mengajar yang aduhai walau sederhana, Insya Allah hasilnya luar biasa. Thx sharingnya, salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar