0

“Menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Mengajar” (+1)

maskanah khana mashuri June 7, 2012

“Menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Mengajar”
Created by: maskanah

Pertama kali ditawarin laptop oleh kepala sekolah pada tahun 2005, bingung…. Mau diapakan ini laptop di kelas?? Kepala sekolah hanya bilang,”manfaatkan laptop ini untuk pembelajaran di kelas.” Maklum sekolahku adalah sekolah madrasah dipinggiran Jakarta (Bekasi tepatnya) yang belum begitu kenal teknologi. Saya sendiri hanya tahu computer PC desktop, belum begitu kenal laptop.
Semalaman ku utak atik benda yang bernama laptop. Ternyata tidak jauh beda dengan komputer yang ada di rumahku. Bedanya hanya pada papan mouse. Tapi bisa juga menggunakan mouse usb. Sejak itulah saya berkenalan dengan laptop.
Dan semenjak itu sekolah kami benar-benar berusaha meng-IT-kan guru-gurunya. Dari laptop, in focus proyektor, flashdisk,mmc, active speaker dan jaringan internet disediakan oleh kepala sekolah.
Hari pertama masuk kelas dengan membawa laptop, saya hanya memutarkan sebuah film tentang rukun islam. CD yang saya putarkan menyihir anak-anak larut mengikuti alur cerita yang ada didalamnya. Di akhir film mereka berteriak,”bu guru, lagi bu…lagi!” seperti di rumah mereka suasana kelas saya saat itu, seperti mereka sedang nonton TV di rumah mereka.
Dan begitu mudahnya mereka menceritakan kembali isi dengan bahasa mereka.
Semakin bersemangat saya untuk membawa laptop kembali ke dalam kelasku.
Ketika pelajaran bahasa inggris, saya suguhkan sebuah lagu kepada mereka. Materi anggota tubuh saya kenalkan dengan lagu head, shoulders, knees and toes, http://www.youtube.com/watch?v=CRhgZBz18mo dan luar biasa lagu itu terngiang-ngiang di telinga mereka. Begitu mudahnya lagu melekat di benak mereka.
Kehadiran laptop ditengah-tengah ruang kelas kami memang saya rasakan beda. Setiap hari mereka menanyakan, “ayo dong bu guru, di setel lagi filmnya, nyanyinya?” begitulah celotehan mereka bila saya tidak membawa laptop ke kelas.
Tanpa saya sadari laptop telah menghadirkan suasana yang berbeda di sekolah saya. Semangat belajar anak didikku bertambah dengan penurunan grafik absensi tiap bulannya.
Ketrampilanku dengan IT semakin tertantang. Kemudahan-kemudahan saya dapatkan dari benda kotak hitam yang bernama laptop. Kemudian saya buat soal seperti ini : power point dengan suara yang mengagetkan.

 

 

 

Dan hasilnya, konsentrasi, penglihatan,pendengaran, ketrampilan tangan siswa berpacu berpadu dalam menyelesaikan soal yang saya buat dalam format power point. Dengan diberi waktu 20 detik setiap satu soal.
Pengalaman di kelas tiga ini saya bawa sampai sekarang, ketika saya diberi tugas untuk mengajar kelas enam. Materi materi yang begitu mudah saya dapatkan dari internet dapat membantu saya dalam mempermudah menyampaikan materi kepada siswa. Membuat hal yang abstrak menjadi konkret.
Kini laptop saya masukkan ke dalam tas saya. Menghitung nilai, membuat materi, menyusun silabus, program tahunan, program semester, program evaluasi, kisi-kisi, analisa hasil evaluasi, perbaikan pengayaan, analisis butir soal, daftar nilai, blogging, dan fb serta twitter ada di tas saya, di laptop kiriman kepala sekolah untukku. Manfaatnya saya rasakan sampai sekarang. Dan kini menulis akan saya jadikan agenda baru dalam hidup saya. Amin.
 

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar