10

Mencintai Lingkungan Melalui Kegiatan Pembelajaran (+3)

Pendidik Menulis β—‹ Abdul Muis May 14, 2015

DSC02077Materi tentang Memelihara Lingkungan Hidup terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI semester genap (versi kurikulum 2006/KTSP). Dalam materi ini peserta didik di ajak untuk mengenal lingkungan sekitar dengan cara mengakaji beberapa ayat dalam al-Quran yang membahas tentang kewajiban menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dua ayat yang disebutkan dalam materi ini masing-masing adalah surat Ar-Ruum : 41-42 dan Al-Imran : 56-58. Melalui kedua ayat ini (dan masih banyak lagi ayat-ayat yang lain dalam al-Quran), peserta didik diingatkan oleh Allah bahwa kerusakan yang timbul dan terjadi di muka bumi, semuanya adalah akibat dari perbuatan tangan-tangan jahil manusia, oleh karenanya manusia harus dan berkewajiban menjaga lingkungan, tidak boleh merusak hinggan menjadikan lingkungan sebagai tempat yang tak nyaman untuk ditinggali.

Membersihkan lingkungan sebagai wujud peduli dan menjaga

Membersihkan lingkungan sebagai wujud peduli dan menjaga

Setelah peserta didik mengakji dan memahami makna yang tersirat dalam kedua ayat tersebut di atas, maka berbekal kami mengajak peserta didik untuk secara langsung mengenal dan memahami makna dan tatacara memelihara serta merawat dan menghargai lingkungan, terutama yang ada di sekitar peserta didik yakni lingkungan sekolah. Berbekal sebagai sekolah Adiwiyata Nasional (diraih oleh SMAN Yosowilangun pada 2013), maka kami mengajak peserta didik secara langsung terjun ke lapanganan, belajar dan berinteraksi langsung dengan alam sekitar terutama yang ada di lingkungan sekolah. Langkah yang kami lakukan dalam kegiatan pembelajaran ini adalah membagi kelas ke dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok dipimpin oleh seorang ketua kelompok. Dengan bimbingan guru, seluruh kelompok dalam satu kelas kemudian menuju ke tempat yang telah ditunjuk, selain mengamati lingkungan yang menjadi area tugas dari masing-masing kelompok, setiap peserta didik pun berkewajiban menjamin kelestarian dan kebersihan lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Gotong royong

Gotong royong

Maka dalam pembelajaran ini, karkater yang coba ditanamkan kepada peserta didik adalah tanggung jawab, mencintai lingkungan, kerja sama, dan jujur. Melalui pembelajaran langsung, peserta didik bukan hanya mapu memahami secara konseptual, namun pada tataran praktik atau psikomotorik, pemahaman peserta didik akan semakin meningkat. Pembelajaran diluar kelas ini dirasa cukup berhasil dan pastinya menyenangkan, disamping mengurangi kejenuhan peserta didik, dengan terjun langsung dan belajar bersama alam, peserta didik akan menjadi semakin dekat dan kecintaan serta kepedulian kepada lingkungan sekitar menjadi meningkat.

Dengan bimbingan guru, peserta didik pada masing-masing kelompok mengamati lingkungan yang menjadi area tugasnya, jika lingkungan yang dimaksud dalam keadaan kotor, maka kewajiban kelompok untuk membersihkannya, jika lingkungannya tandus, maka kewajiban kelompok untuk menanam pohon dan menjadikannya hijau, jika lingkungan itu gersang, maka juga menjadi kewajiban kelompok tersebut untuk menyirami agar terlihat lestari dan indah.

Dengan pembelajaran semacam ini, disamping peningkatan pemahaman kepada peserta didik, pembelajaran pun berjalan lebih menyenangkan, lingkungan yang menjadi objek kajian pun menjadi lebih lestari dan indah. Patut untuk dicoba !!!

Baner-Guraru2

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Tagged with: , , ,

Comments (10)

  1. Semoga aksi ini menjadi cikal bakal terbentuknya aksi yang lebih besar dan kontinyu, sesimple apapun gerakan kita untuk melestarikan bumi mmg harus dimulai dari lingkungan sekitar dan hal-hal kecil, salut buat Bapak! pelajaran agama menjadi salah sarana untuk mengajarkan anak-anak supaya melestarikan bumi! πŸ˜€

  2. Apapun mapelnya saat ini kita perlu menjaga lingkungan. Memasukkan rasa cinta terhadap lingkungan dalam pembelajaran sangat perlu.

    Keduax. πŸ˜€ Kalah sama pak Bakri

    Tulisan bagus pak Muis.

    kunjungi juga ya artikel saya, kasih komen juga. makasih

    LINK: http://guraru.org/guru-berbagi/saatnya-jarak-tak-lagi-membatasi-pembelajaran/
    Tohib Mustahib

    ___________________________

    Terimakasih Pak Tohib, segera meluncur πŸ™‚

  3. Semoga aksi ini menjadi cikal bakal terbentuknya aksi yang lebih besar dan kontinyu, sesimple apapun gerakan kita untuk melestarikan bumi mmg harus dimulai dari lingkungan sekitar dan hal-hal kecil, salut buat Bapak! pelajaran agama menjadi salah sarana untuk mengajarkan anak-anak supaya melestarikan bumi! πŸ˜€
    Bare Kingkin Kinamu

    ___________________________________

    Terimakasih Pak, langsung meluncur … )

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar