1

Memperoleh Respon Peserta Didik Selama Pelajaran (0)

Yusmini March 1, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Adapun fokus pembahasan kita kali ini adalah metode-metode apa saja yang dapat digunakan untuk memperoleh respon peserta didik selama pelajaran.

Pembelajaran Aktif

Bagi setiap guru, pembelajaran aktif sangat diharapkan terjadi dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain adanya respon peserta didik sangat diharapkan selama pembelajaran. Dengan demikian diperlukan partisipasi aktif dari para peserta didik agar pembelajaran aktif yang diinginkan oleh guru dapat tercapai. Jika kita memperhatikan para peserta didik dalam proses belajar mengajar, terdapat peserta didik yang sangat aktif, ada juga yang cukup aktif, dan ada yang kurang aktif.

Metode-metode untuk Memperoleh Respon Peserta Didik

Beberapa metode berikut dapat digunakan ketika waktu yang ada sangat terbatas atau keperluan-keperluan partisipasi dari peserta didik sangat dibutuhkan.

  1. Diskusi Terbuka
    • Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendorong peserta didik untuk bertanya hal-hal yang belum jelas dari pemaparan guru. Kemudian langkah lain yang dapat dilakukan adalah meminta beberapa peserta didik merespon pertanyaan guru.
  2. Kartu-kartu Respon
    • Bagikan kartu-kartu kepada peserta didik dan menggunakannya untuk menjawab pertanyaan guru tanpa menuliskan nama mereka.
  3. Polling
    • Metode ini digunakan untuk mendapatkan data dari peserta didik secara cepat. Usahakan untuk mengembalikan hasilnya secepat mungkin.
  4. Diskusi Kelompok Kecil
    • Guru dapat menggunakan diskusi kelompok kecil yang terdiri atas 3-4 orang dalam setiap kelompoknya. Jika tersedia cukup banyak waktu, diskusi kecil adalah salah satu solusi metodenya.
  5. Partner Belajar
    • Peserta didik dapat bekerja sama dengan teman sebangkunya atau peserta didik yang duduk di dekatnya. Bekerja dengan teman sebangku/dalam pasangan dapat mengembangkan sebuah hubungan suportif.
  6. Whips
    • Gunakan whips ketika Anda ingin memperoleh sesuatu dari setiap peserta secara cepat.
  7. Panel
    • Bentuklah sekelompok kecil peserta didik untuk mempresentasikan sesuatu di depan kelas. Sebuah panel informasi dapat dilakukan dengan cara meminta pandangan-pandangan dari sejumlah peserta. Metode ini dapat dilakukan untuk memfokuskan respon yang serius terhadap pertanyaan guru. Putarlah panelis untuk meningkatkan partisipasi.
  8. Flasbowl
    • Metode ini banyak menggunakan waktu, tetapi ini adalah metode terbaik untuk menggabungkan berbagai kebaikan dari suatu diskusi kelompok besar dengan kelompok kecil.
    • Kegiatan: sebagian peserta didik membentuk lingkaran diskusi, sedangkan peserta lainnya membentuk lingkaran pendengar mengelilingi mereka.
  9. Game
    • Gunakan game untuk membangkitkan energi dan keterlibatan dari peserta didik.
  10. Memanggil Pembicara Berikutnya
    • Ketika seorang peserta didik ingin menyampaikan pandangan mereka, peserta tersebut dapat mengangkat tangan kemudian mintalah pembicara sekarang untuk memanggil pembicara berikutnya.

Dengan semakin terbiasanya peserta didik melakukan pembelajaran aktif, mereka akan mudah menerapkannya. Dalam jangka panjang, akan banyak manfaat yang mereka dapatkan dari belajar aktif.

*Semoga bermanfaat*

Sumber:

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar