0

Memperkenalkan SDGs pada Anak Didik (0)

Thurneysen Simanjuntak March 31, 2021

Sejak tahun ini, di sekolah kami mulai memperkenalkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang kita kenal juga dengan sebutan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada anak didik.

Bahkan bukan saja mulai memperkenalkannya, tetapi beberapa materi pelajaran yang relevan dengan tujuan dan target SDGs menjadi lebih difokuskan dalam pembelajaran.

Sekedar menyampaikan kembali, bahwa SDGs tersebut adalah kesepakatan dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditetapkan pada tahun 2015 yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat global termasuk Indonesia. SDGs ini sendiri merupakan lanjutan dari MDGs yang telah dijalankan sejak tahun 2000 hingga 2015.

Kalau melihat ke – 17 tujuan dari SDGs tersebut, sesungguhnya sangat baik kita perkenalkan bahkan diajarkan kepada anak didik, tentu menyesuaikan materi yang ada sangkut pautnya. Apalagi tujuan tersebut merupakan masalah pokok yang terjadi saat ini di belahan dunia.

Artinya memperkenalkan hal itu kepada anak didik, tentu akan membantu mereka mengetahui permasalahan pokok dunia yang sedang diupayakan diselesaikan. Bahkan barangkali dapat memikirkan solusi sesuai dengan tingkat pemikiran mereka, atau melalui ruang lingkup tempat tinggalnya.

Mengingat anak didik kita adalah generasi penerus, yang akan melanjutkan setiap roda kepemimpinan di berbagai tempat, baik di pemerintan, swasta atau sebagai pekerja sosial. Atau bukan saja yang bekerja untuk tingkat lokal, nasional, tetapi juga internasional.

Maka untuk memudahkan sahabat pembaca, maka dalam tulisan ini saya akan menyampakan ke-17 tujuan dari SDGs yang dimaksudkan, diantaranya:

  1. Menghapus Kemiskinan
  2. Mengakhiri Kelaparan
  3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
  4. Pendidikan Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Akses Air Bersih dan Sanitasi\
  7. Energi Bersih dan Terjangkau
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan ekonomi
  9. Infrastruktur, Industri dan Inovasi
  10. Mengurangi Ketimpangan
  11. Kota dan Komunitas dan Keberlanjutan
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
  13. Penanganan Perubahan Iklim
  14. Menjaga Ekosistem Laut
  15. Menjaga Ekosistem Darat
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat
  17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Setelah melihat ke – 17 tujuan SDGs itu, saya yakin hal tersebut sudah sangat sering kita dengar, bahkan saya yakin sebagai guru kita telah menerapkan Sebagian dalam proses pembelajaran kita beserta anak didik. Tetapi terkadang kita tidak terpikirkan kalau itu adalah bagian dari SDGs.

Tentu dengan mengingatnya kembali, kita dapat menekankannya pada anak didik bahwa hal itu bukan saja merupakan perjuangan kita, tetapi juga perjuangan seluruh bangsa di dunia. Dengan mendukung SDGs atau TPB tentu kita sedang mengintegrasikan diri dengan cita-cita dunia dan bangs akita.

Sekedar menyampaikan, bahwa Indonesia pun berkomitmen kuat melaksanakan SDGs. DASHBOARD SDGs merupakan visualisasi dari capaian indikator SDGs Indonesia, yang sebagian besar merupakan indikator pembangunan baik di tingkat nasional maupun daerah. Dashboard tersebut disusun dan dimutakhirkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS selaku koordinator pelaksanaan SDGs di Indonesia bersama BPS dan didukung oleh Lembaga-lembaga UN. (Baca)

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar