11

Membudayakan Membaca Anak dengan Berkunjung ke Gramedia (+4)

cekgurizal October 31, 2013
Membiasakan agar anak gemar membaca dimulai dari sejak dini. Gemar membaca bukan tanggungjawab sekolah saja untuk ‘menggemblengnya’ tetapi pembiasaan gemar membaca  ini paling dasar adalah dilakukan dirumah bersama orang tua. Pada Guraru Talk kemarin banyak pengalaman dan opini masing-masing guru untuk memotivasi agar anak gemar membaca.
Salah satunya membudayakan gemar membaca dirumah dengan ketentuan dirumah harus disiapkan sajian buku yang menarik sesuai dengan keinginan anak. Menghadiri Wisuda adik ipar kemarin di Medan saya sempatkan untuk berkunjung ke Gramedia Carefour. Namanya Gramedia sudah pasti banyak beragam buku disana hanya saja buku idola saya khusus keterampilan elektronik tidak ada sama sekali, waduh…
Di gramedia ini, saya biarkan anak saya berlari kesana kemari mencari buku-buku yang dianggap mereka menarik. Namanya anak-anak, saking banyaknya buku yang bertebar disana sampai gak bisa mana yang mau dipilih, hehe..
Biasanya ketika pulang ke 2 anak laki-laki saya selalu ‘cagil-cagilan’ tetapi ketika pulang kali ini mereka senyap sibuk dengan membolak balik lembaran buku yang saya belikan. Nah problem baru lagi muncul ketika anak telah diberi sajikan bacaan maka pertanyaan bermunculan dari celoteh mereka. Misalnya,  yah.. palung laut itu apa,.. 1kilometer itu berapa meter.. burung apa telurnya sebesar melon… dan sederatan pertanyaan yang lama kelamaan membingungkan saya.
Tadi malam, usai mengerjakan PR.. si abang bertanya lagi, yah.. palung laut itu apa… heheh berarti penjelasan singkat kemaren belum memuaskan hatinya… saya diam saja sambil browsing di internet saya ketik keyword : “gambar palung laut ” dan selanjutnya saya tunjukkan berbagai palung laut dari internet. Saya kira sudah selesai keingintahuan anak saya tentang palung laut, eh muncul lagi pertanyaan ada tidak palung laut di sungai ya??? (S#@A*& bingung…)
Nah, berkunjung ke gramedia dengan membeli beberapa buku dan biarkan mereka memilih ‘jajanan’ mereka adalah salah satu untuk membudayakan minat baca bagi anak-anak kita.

Comments (11)

  1. ia pak waktu masih TK kemaren memang kami sering juga sekalian jemput umminya kami singgah di perpus daerah yang letaknya dekat dengan sekolah istri saya.. tapi sekarang mereka sdh SD pulangnya jam 3 sore.. jd gak smpat lagi.. Sabtu dan Minggu perpus tutup.. jadi ya… enggak sempat lagi..

  2. Hehehe ya meja kecil di pojok itu dijadikan tempat yang nyaman untuk membaca. Maaf rumahku juga kecil ketika membesarkan ke 3 anakku. Sekarang sudah dijual dan ikut anak keliling ke rumah mereka. Alhamdulillah kehidupan mereka lebih baik dari kami. Di blogku banyak cerita perjuanganku. Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar