0

Membuat Video Pembelajaran dengan Camtasia (0)

Rakhmad November 13, 2020

Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Camtasia

Camtasia merupakan aplikasi record dan editing video yang mudah dipelajari bagi pemula yang ingin belajar membuat video pembelajaran. Fitur record screen dan power point memudahkan membuat video dalam tutorial dan presentasi. Editing video bisa dari record  dan rekam langsung di depan kamera.

Camtasia juga bisa digunakan untuk  memadukan rekam langsung guru beserta power point yang dipersentasikan. Teknik yang digunakan adalah penggabungan dari kedua video tersebut. Selain itu dalam camtasia sudah banyak track untuk memadukan musik, teks dan lainnya.

Fitur-fitur Camtasi

  • Record Screen atau Power Point

Record Screen  merupakan rekaman tangkapan layar yang ada di layar laptop atau komputer. Selain tangkapan layar apa yang kita bunyikan berupa ucapan presentasi atau audio yang ada di komputer juga bisa terekam langsung.

Rekam Power Point adalah rekam apa yang kita presentasikan lewat power point yang terekam adalah slide-slide yang ditampilakan dan suara yang kita keluarkan juga bisa langsung terekam.

  • Media

Dalam fitur media camtasia yaitu bisa import media dari luar maupun menggunakan libary yang sudah disediakan. Import media bisa berupa video, gambar maupun audio. Untuk libary yang sudah disediakan adalah icon buildings, icons busines, icons education, icons financial, icons media, Motions Grapics-e learning, Motions Grapics- Intro Clip, Lower Third dan music track.

Media libary yang sudah disediakan tinggal menggunakan untuk intro pembukaan dan penutupan. Penggunaan Lower Third animasi tulisan yang bisa digunakan untuk penjelasan dari video. Penggunaan music track yang berlisensi tinggal menggunakan dan memilih. Dan banyak lagi fungsi libary media yang bisa untuk mempercantik video pembelajaran.

  • Annotation
  • Transition

Transition yang digunakan untuk antar video, track dan gambar yang sudah disediakan adalah Fades, Movement, objects, stylized, wipes

  • Behavior

Behavior digunakan untuk teks biar bisa bergerak.

  • Animation

Animation dalam camtasia yang digunakan untuk video dan gambar antara lain Zoom-n-pan, custom, restore, no opacity, full opacity, tilt left, tilt Right, scale upa, scale down, scale to fit dan smart focus.

  • Cursor Effects

Cursor effects digunakan untuk mengikuti tulisan atau gerakan cursor dalam video yang biasanya digunakan dalam presentasi dengan power point.

  • Audio Effect

Audio Effects yang sudah disediakan di camtasia adalah Noise Removal, Volume Laveling, Fade In, Fade  Out dan Clip Speed

  • Visual Effect

Visual Effects yang sudah disediakan adalah Drop Shadow, Border, Colorize, Color Adjustment, Remove a Color, Device Frame dan Clip Speed.

  • Share Video

Untuk Sahre Video dalam file MP.4 bisa di simpan di internal, Youtube, drive dan lainnya.

Demikian perkenalan camtasia untuk pembuatan video pembelajaran. Karena fitur yang sudah lengkap guru tinggal klik dan drag untuk mengedit video pembelajaran yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Di bawah ini adalah contoh hasil video penggunaan camtasia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar