2

Membuat Soal Listening di Google Formulir (0)

Wulan Dara Auli January 16, 2021

Dampak pandemi COVID-19 salah satunya adalah perubahan sistem pembelajaran sekolah menjadi via daring. Pembelajaran Jarak Jauh masih lanjut di kotaku. Banyak metode-metode digunakan untuk membuat belajar jarak jauh semakin menarik dan mudah dimengerti.

 Pengajaran guru di sekolah dituntut untuk melibatkan teknologi, sehingga siswa memiliki kecakapan abad 21 ini. Salah satunya adalah implementasi soal ujian online. Sebenarnya telah lama konsep ujian online ini lahir, bukan barang baru. Berbagai media digunakan untuk mewujudkannya, dari mulai yang berbayar hingga atau yang paling mudah (juga gratis) adalah Google Form.

Berikut ini saya ingin berbagi cara membuat soal listening dengan suara “Native Speaker”

Cara Membuat Listening dengan Google Formulir

  1. Buatlah dialog percakapan atau teks bacaan yang akan digunakan untuk soal listening. Ini adalah teks Bahasa Inggris tema Procedure Text “How To Make A Cup of Coffee. Tugasnya siswa harus mendengarkan dan melengkapi teks procedure sesuai dengan apa yang mereka dengarkan saat listening.

2. Download T2S: Text Voice Read Aloud. T2S adalah tempat membuat Audio yang akan diubah kedalam MP3. Audio suara dapat kita pilih seperti “Native Speaker”

3. Setelah mendowload T2S, salin dan tempel lah teks yang sudah kita persiapkan “How To Make A Cup Of Coffee ke aplikasi T2S. Berikut contoh gambarnya.

Copy-Paste teks yang sudah kita buat sebelumnya (no.1) ke dalam aplikasi T2S.

4. Setelah itu klik tanda seperti panah di gambar berikut. Hal ini dilakukan untuk mengatur jenis suara apa yang ingin di pakai sebagai audio suara dan kita bisa mengatur kecepatan bicaranya. Berikut contoh gambar di aplikasi T2S

5. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Disini saya memili speech voice Inggris dengan jenis suara Inggris-8. Dibagian bawah kita bisa mengatur kecepatan suara audio.

6. Saat nya kita menyimpan audio sebagai file MP3. Caranya klik Export as audio file dan selanjutnya klik MP3. Dan akhirnya kita sudah mempunyai file listening MP3

7. Ini adalah bentuk file listening MP3 yang akan kita pindahkan ke google drive.

Audio Suara akan berbentukMP3 seperti gambar diatas

8. Setelah mendapatkan MP3 listening langkah selanjutnya adalah membuka Google Drive. Buka google dan masuk ke laman : drive.google.com. Seperti biasa kita log in ke akun google drive. Sebelum membuat soal di google formulir. Kita perlu mengupload MP3 ke google drive, caranya klik BARU (+) dan setelah itu klik Upload file. Setelah di upload ke google drive maka bentuk file MP3 akan seperti gambar dibawah.

MP3 yang sudah di upload di google drive.

9. Selanjutnya Klik tanda baru (+) dan kemudian kita klik google formulir untuk membuat soal listening.

10. Masukkan link MP3 ke dalam soal yang sudah kita buat di google formulir. Caranya klik kanan file MP3 tersebut dan klik “Dapatkan link”. Setelah mendapatkan link MP3. Tempel link ke dalam soal di google formulir seperti gambar di bawah ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar