9

Membuat Podcast dari Artikel yang Sempat ditulis di Guraru (0)

AfanZulkarnain February 26, 2021

Sebelumnya, teriring permohonan maaf apabila saya terlalu lebay dalam menulis di komunitas ini. Satu hari bisa sekian artikel yang terpublish. Tak ada alasan lain selain saya suka dengan tulis menulis meski masih banyak kesalahan di tulisan saya. Masih acak adul. Namun disitulah saya bisa belajar.

Sedikit cerita. Saya selalu share link tentang artikel-artikel yang pernah saya tulis di guraru melalui berbagai akun sosial media saya. Seketika itu beragam kritik dan saran masuk ke nomor whatsapp saya.

“Bagus, van. Tapi kayake kurang gini deh…”

“Banyak menggunakan kata tidak baku,Van.”

“Masih carut marut tulisanmu, bro.”

“Ada bagian yang melenceng dari topik utama pembahasan artikelmu, Gaes”

“Kamu belum bisa membangun emosi pembaca, van.”

“Hahaha…garing, tapi semangat terus menulis. bro.”

Begitulah respon teman-teman saya. Saya senang sekali mendapat respon itu. Kritik dan saran dari mereka sangat membangun untuk mengembangkan kemampuan saya dalam menulis. Buku harian saya penuh dengan catatan-catatan kritik dan saran mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai berpikir untuk mengembangkan artikel-artikel tersebut ke dalam karya yang lain. Saya ingin, cerita saya bisa dinikmati orang banyak. Setelah beberapa hari berpikir, akhirnya saya memutuskan untuk mengangkatnya dalam bentuk podcast. Apalagi sekarang saya amat tergila-gila mendengarkan podcast. Dari podcast receh hingga serius , saya dengarkan. Tiada hari tanpa mendengarkan podcast. Sempat terpikir untuk membuat podcast namun bingung konten apa yang akan saya angkat.

Ide itu muncul. Podcast tentang keseharian seorang guru. Konten yang berkutat dengan cerita menyenangkan saat menjadi pengajar. Topiknya, tentang cerita-cerita yang sempat saya tulis di guraru. Mengenai pengalaman pertama mengajar di madrasah, pengalaman berinteraksi dengan beragam siswa, dan lain sebagainya. Sepertinya seru. Tak banyak podcaster yang mengangkat tema seperti itu. Saya juga ingin sekali, suatu saat mengajak rekan guru lainnya untuk berbagi inspirasi mengajar lewat podcast saya. Semoga. Aamiin.

Podcast ini saya beri nama, Podcast Pak Guru. Podcast ini memiliki jargon “Curahan Hati Seorang Guru.”

Episode pertama, saya mencoba angkat artikel tentang persamaan profesi guru dan penyiar. Sempat saya publish di awal saya bergabung dengan komunitas guraru ini. Melakoni kedua profesi tersebut membuat saya berpikir bahwa ada persamaan antara keduanya. Saya ingi9n share hal itu.

Saya membutuhkan waktu 90 menit untuk merekam dan mengedit suara. Selanjutnya memakan waktu 15 menit mengedit videonya. Lamanya waktu juga dipengaruhi oleh perangkat saya yang masih “kentang.” hehehehe

Finally, podcast episode pertama selesai. Berikut link untuk mendengarkannya.

https://www.instagram.com/tv/CLwYYbGpGC_/?utm_source=ig_web_copy_link

Tentu podcast ini masih jauh dari kata sempurna. Banyak kekurangan disana sini. Bila berkenan, mohon para anggota Guraru untuk mendengarkannya. Mohon kritik dan sarannya juga. Terima kasih saya haturkan dari lubuk hati paling dalam. Hehehe…

Comments (9)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar