2

Membaca Menyeluruh, Mengurangi Penguapan Informasi (+3)

Siti Mugi Rahayu September 29, 2014

di huluna kuda, di hilir jadi kuya…(peribahasa Sunda)

Bagaimana caranya membaca yang efektif ? Resep ini saya peroleh dari Prof. Annah Suhaenah Suparno dalam kuliah Psikologi Pendidikan. Di awal pertemuan, Prof. Annah memberikan game pesan berantai dengan berbagai settingan. Ada kelompok yang mendapatkan kertas pesan bertuliskan spidol berwarna hitam dan ada juga yang merah. Rupanya, penerimaan pesan dengan perantaraan warna spidolpun sangat mempengaruhi bagaimana sebuah pesan dapat diterima oleh penerima pesan. Kertas putih dengan spidol hitam yang kontras akan memberikan kesan dalam dan lebih enak diterima oleh mata. Dengan demikian, pesanpun akan lebih mudah diterima dibandingkan pesan yang tertulis dalam kertas putih dengan spidol berwarna merah. Warnanya tidak kontras dan terkesan kabur, sehingga pesan akan sulit dipahami dan terima orang lain.

Ketika permainan selesai, setiap anggota kelompok yang paling akhir harus menuliskan pesan tersebut. Sudah terduga, dengan melalui beberapa orang yang menjadi peserta pesan berantai, pesan terakhir yang tertangkap sangat beragam hasilnya. Dan tidak ada yang benar. Inilah yang disebut dengan penguapan informasi. Salah satu penyebabnya adalah bagaimana cara kita membaca. Membaca yang baik akan membantu otak untuk membuat persepsi yang benar, dan membaca yang baik haruslah menyeluruh. Membaca menyeluruh akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan membaca separuh-separuh. Rupanya, dalam psikologi juga ada rumus : Keseluruhan lebih dari jumlah bagian. Membaca secara menyeluruh akan menimbulkan pemaknaan yang lebih baik. Coba perhatikan gambar berikut :

ab1

gambar di atas adalah gambar bagian-bagian terpisah yang memiliki makna tidak lebih baik dari gambar berikut :

ab2

Gambar bawah adalah gambar wajah yang tentu saja memiliki arti lebih baik dibandingkan dengan gambar pertama. Ini menunjukkan bahwa penglihatan perbagian tidak akan lebih baik dibandingkan dengan melihat secara keseluruhan. Jika semua bagian digabungkan, maka hasilnya menjadi lebih bermakna. Nah, jika kita melihat sesuatu dengan lebih bermakna maka informasi yang diterima dan disampaikan kembalipun akan lebih utuh tersampaikan.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar