2

Memanfaatkan CMS WordPress Sebagai Pembelajaran Daring Terbuka (4) (+5)

Fauzan Abdurrachman October 18, 2014

*) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.

 

Assalamulaikum WrWb
Salam sejahtera bagi kita semua

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pembelian domain dan server hosting yang akan digunakan untuk membangun situs pembelajaran daring.

Jika kita membuka berbagai situs penjual domain dan hosting Indonesia, Anda mungkin akan melihat berbagai paket yang ditawarkan oleh penjual. Jika Anda belum pernah membangun situs, Anda pasti akan kebingungan untuk memilih paket apa yang nantinya akan Anda gunakan.

domain-hosting

Paket yang ditawarkan dalam penjualan biasanya berupa bandwidth dan storage. Contohnya:

=====================================================

Paket A
Bandwidth 10 GB
Storage 500 MB
dst …

Paket B
Bandwidth 20 GB
Storage 1 GB
dst …

Paket C
Bandwidth 40 GB
Storage 2 GB
dst …

======================================================

Anda pasti bertanya-tanya, apa itu bandwidth dan harddisk?

Bandwidth (lebar pita) merupakan kuota transfer data berbagai berkas situs (gambar – audio – video – laman situs) Anda kepada para pengunjung. Semakin banyak pengunjung suatu situs, semakin banyak bandwidth yang akan dihabiskan. Biasanya, jatah bandwidth kepada para pemilik situs akan di-reset ulang pada awal bulan.

Storage merupakan kapasitas penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai berkas situs. Semakin banyak kita menggunggah berkas ke situs kita, maka kapasitas penyimpanan akan semakin berkurang. Ketika sudah penuh, maka kita tidak dapat mengunggah lagi berbagai file, dan bahkan tidak bisa melakukan pembaruan situs.

Untuk permulaan, Anda dapat memilih paket yang paling rendah. Hal ini diasumsikan pada dua hal:

  1. Situs Anda belum banyak pengunjungnya karena memang baru diluncurkan. Otomatis situs yang akan Anda buat belum begitu banyak membutuhkan bandwidth.
  2. Situs yang baru dibuat biasanya belum banyak memiliki berkas. Jadi, saat ini Anda belum begitu banyak menggunakan kapasitas penyimpanan.
  3. Harga yang murah untuk paket terendah. Untuk percobaan dan latihan ketika membuat situs daring ada baiknya kita menggunakan paket yang murah terlebih dahulu.

Yang perlu diperhatikan adalah, banyak penjual hosting yang memberikan fasilitas lebar pita dengan kapasitas tidak terbatas (unlimited bandwidth). Hal ini sebenarnya patut dicurigai karena pembatasan tersebut pada hakikatnya merupakan limitasi dari si penjual kepada pembeli berdasarkan harga yang ditawarkan.

Limitasi berguna untuk menyatakan bahwa perusahaan sanggup memberikan jatah sekian kepada pelanggannya. Hal ini juga menjadi jaminan bahwa ia tidak melakukan kegiatan penjualan melebihi kapasitas. Jika Anda membeli dengan harga murah, namun Anda mendapat jatah bandwidth yang tidak terbatas, Anda perlu mengklarifikasi lebih lanjut kepada si penjual (lihat tulisan sebelumnya mengenai oversell).

Ketika sudah yakin mengenai paket hosting yang akan Anda pilih, segera lakukan pembelian. Pada tulisan sebelumnya, saya telah melampirkan daftar 10 besar perusahaan penjual hosting dan domain. Anda dapat mulai memilih dari daftar tersebut. Namun, saya juga telah memberikan wanti-wanti mengenai daftar tersebut dan saya harap Anda dapat melakukan riset lebih jauh dari internet.

Untuk melakukan pembelian, mekanisme yang umum adalah sebagai berikut:

  1. Lihat paket hosting dan domain yang akan dipilih.
  2. Lakukan pemesanan dengan menekan tombol order/pesan.
  3. Selanjutnya perusahaan akan memberitahukan nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran.
  4. Segera melakukan pembayaran via transfer bank dan lakukan konfirmasi kepada penjual.
  5. Perusahaan akan memberikan detil login untuk masuk ke dalam hosting Anda.

 

Pada tulisan berikutnya, saya akan menjelaskan mengenai pemasangan CMS WordPress ke dalam situs yang sudah kita beli.

Salam,

Fauzan Abdurrachman, M.Pd
Founder LoveIT E-Learning

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar