0

Memanfaatkan CMS WordPress Sebagai Pembelajaran Daring Terbuka (3) (+3)

Fauzan Abdurrachman October 15, 2014

*) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.

 

Assalamulaikum WrWb
Salam sejahtera bagi kita semua

Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah situs e-learning, yaitu domain dan server hosting.

 

Domain
Domain adalah alamat unik yang dipergunakan oleh manusia untuk mengakses suatu situs dalam jaringan internet. Bersifat unik, berarti tiap domain harus berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tujuan dari penggunaan domain adalah memudahkan manusia untuk mengakses server situs.

Contoh:
Situs Google Indonesia selain dapat diakses melalui alamat www.google.co.id, juga dapat diakses melalui alamat http://111.94.248.24/. Manusia lebih mudah menghapal nama domain, ketimbang angka-angka yang digunakan sebagai alamat untuk merujuk ke situs tertentu.

 

Server Hosting
Server hosting pada hakikatnya merupakan komputer dengan spesifikasi khusus yang terhubung ke internet dan berfungsi menyimpan berbagai berkas yang dibutuhkan untuk mengakses situs kita. Berbeda dengan komputer yang biasa kita pakai sehari-hari, komputer server harus menyala terus menerus 24 jam / 7 hari agar tetap dapat diakses oleh para penggunanya, kapan pun dan di mana pun.

Spesifikasi khusus berarti, komputer server mampu menyala terus menerus selama bertahun-tahun. Selain itu, ia memiliki mekanisme tetap menyala ketika hendak dilakukan berbagai pembaruan, semisal meningkatkan kapasitas penyimpanan (harddisk) tanpa perlu melakukan proses shutdown. Komputer server memiliki sistem operasinya sendiri, semisal Linux atau Windows Server 2012.

 

Memiliki Domain dan Server Hosting
Untuk membangun sebuah situs daring, kita harus membeli server hosting dan domain. Perlu diketahui bahwa istilah membeli untuk domain dan server hosting sepertinya kurang tepat. Pada dasarnya, yang kita beli adalah hak sewa selama periode waktu tertentu. Agar situs kita tetap daring (online), kita harus memperpanjang biawa sewa tersebut tiap periodenya (biasanya per tahun).

Ada banyak perusahaan asal Indonesia yang menjual domain dan hosting. Jadi, pembayaran dapat dilakukan lewat bank konvensional dengan sistem transfer atau tunai. Hal ini lebih memudahkan Anda dalam bertransaksi ketimbang membeli dari perusahaan luar negeri. Jelas Anda membutuhkan kartu kredit internasional atau alat pembayaran lewat internet, semisal Paypal untuk melakukan pembayaran.

Untuk harga, biayanya sangat dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar. Saat ini (kurs 12.000),  harga domain ada di kisaran Rp 120.000 s.d. Rp 140.000. Untuk server hosting, paket termurah biasanya dijual seharga Rp 200.000 s.d. Rp 300.000. Masing-masing untuk sewa selama satu tahun. Jadi, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak (kurang lebih) Rp.500.000 agar dapat memiliki situs daring dengan masa aktif selama satu tahun.

Jangan tertipu dengan harga murah. Ada banyak penjual hosting yang tidak bertanggung jawab dengan menjual paket di luar kapasitas kemampuan server-nya (oversell). Selain itu, pastikan bagaimana keamanan data pada server yang diberikan oleh si penjual. Penjual yang tidak kredibel tidak mengurus keamanan server-nya dengan baik sehingga berdampak pada rentannya situs Anda dari serangan dedemit maya (hacker).

 

Daftar Perusahaan Penjual Hosting Indonesia
Pada situs ini telah dijelaskan daftar penjual hosting terbesar dari Indonesia. Saya telah memiliki beberapa daftar rekomendasi perusahaan dari situs tersebut berdasarkan pengalaman pribadi. Walau termasuk dalam 10 besar penjual hosting, dari daftar di atas ada pula beberapa perusahaan yang terbilang mengecewakan pelayanannya.

Untuk menjaga etiket, saya tidak akan mengatakan perusahaan yang mengecewakan tersebut. Jika Anda penasaran, Anda dapat bertanya rekomendasi penjual versi saya lewat jalur pesan pribadi saja (private message), begitu juga untuk perusahaan yang direkomendasikan. Saya tidak ingin dikatakan sedang melakukan promosi :mrgreen: .

 

Daftar Bacaan

  1. Waspadai Jargon 10 Besar Webhosting Terbaik
  2. Shared Hosting dan Penjual oversell
  3. Website CMS dan Penjual oversell
  4. Berapa biaya pembuatan website?

 

Pada postingan selanjutnya, saya akan menjelaskan mengenai instalasi CMS WordPress pada server hosting yang sudah kita beli.

Salam,

Fauzan Abdurrachman, M.Pd
Founder LoveIT E-Learning

Tagged with: , , ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar