0

Memaknai Pendidikan Masa Kini : KETERBATASAN BUKAN ALASAN UNTUK MENYERAH (0)

Angga October 24, 2021

KETERBATASAN BUKAN ALASAN UNTUK MENYERAH

Pendidikan merupakan aspek yang tidak bisa ditinggalkan dalam kondisi apapun. Pendidikan adalah pondasi kuat suatu bangsa. Pendidikan memberikan jatidiri pada sebuah bangsa. Tanpa pendidikan maka dapat dipastikan rusaklah suatu bangsa tersebut. Karena didalamnya semua hal tentang kehidupan di ajarkan dengan baik. Pendidikan memberikan pengaruh besar pada masing masing individu .

Dampak pandemi covid 19 ini sangat terasa pada berbagai aspek , tidak hanya aspek ekonomi namun aspek pendidikan tidak luput terkena imbasnya. Akibat meningkatnya penularan virus tersebut, proses pembelajaran yang semula disekolah secara tatap muka selanjutnya tidak diijinkan. Kesehatan Peserta didik merupakan hal utama . Namun guru tidak boleh menyerah pada keadaan tersebut. Pemerintah kemudian mengeluarkan kebijakan  pelaksanaan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui mode  Daring (Dalam jaringan).

Berubahnya proses pembelajaran ke pembelajaran secara Daring memiliki banyak permasalahan. Berbagai kesulitan terjadi pada awal pembelajaran daring meliputi perangkat gadget yang tidak semua siswa punya, sinyal didaerah terpencil yang sulit, belum mampu dalam penggunaan teknologi, dan masih banyak lagi kendala lainnya. Peran guru disaat saat seperti ini  sangat dibutuhkan dengan menghadirkan solusi sesuai permasalahan yang terjadi di sekolah masing masing.

Guru yang hebat tidak menyerah pada keadaan, melainkan memberi solusi  bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Semua keterbatasan itu dijadikan sebuah semangat untuk melakukan perubahan pembelajaran. Banyak upaya yang dilakukan oleh guru, seperti mendatangi langsung siswa, membentuk kelompok teman yang rumahnya terdekat, menggunakan aplikasi daring seperti gmeet ,zoom,dan lainnya membuat video pembelajaran dengan materi abstrak menjadi lebih konkret yang diupload di youtube, membuat aplikasi pembelajaran berbasis android, dan masih banyak lagi upaya upaya guru guru di seluruh Indonesia. Semua guru di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan peserta didiknya meski dalam   keterbatasan . Guru harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Meski perubahan tersebut terjadi sangatlah cepat.

Inovasi dan kretifitas guru  muncul sebagai upaya memecahkan permasalahan yang terjadi di sekolah masing masing. Guru mulai mempelajari penggunaan teknologi. Menggabungkan teknologi dengan pembelajaran menjadi solusi pasti dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik. Mempelajari berbagai aplikasi yang mendukung pembelajaran secara daring seperti zoom,gmeet,Edmodo dan lainnya. Selain itu aplikasi pendukung yang lain juga sangatlah efektif pada pembelajaran jarak jauh misalnya games pembelajaran wordwall, Kahoot, quiziz dan yang lainnya. Penyampaian materi menjadi lebih menyenangkan dan anak tidak mudah bosan dalam pembelajaran dari rumah .  Hal tersebut membuktikan bahwa guru di Indonesia tidak menyerah pada keterbatasan. Keterbatasan merupakan pemicu bagi guru untuk tampil ke depan memberi solusi terbaik. Guru  mampu menyesuaikan diri pada masa pandemi ini. Menyikapi pandemi dengan hal baik. Agar negara Indonesia tetap kuat dan menjadi lebih baik.

#KompetisiArtikelGuraru

 #HariGuruSedunia

 #HariGuruSedunia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar