0

Memahami Pentingnya Karakter Disiplin pada Siswa (0)

Pengelola Guraru July 27, 2022

Dunia pendidikan saat ini sedang melakukan transformasi digital dengan penerapan berbagai teknologi yang dapat membantu proses pembelajaran lebih mudah dan efektif. Salah satunya adalah dengan pembelajaran hybrid, di mana siswa bisa belajar di rumah maupun di sekolah. Sistem pembelajaran ini juga dinilai sebagai solusi terbaik dimana pandemi COVID-19 masih berlangsung. Namun, beberapa siswa masih harus beradaptasi dengan pembelajaran hybrid sehingga sikap disiplin seringkali terlupakan.

Disiplin merupakan keteraturan dalam hidup yang diperlukan seseorang untuk sukses, mengacu kepada kejujuran dan kepatuhan terhadap peraturan, budaya, dan norma-norma sosial. Lantas, apa itu disiplin? Bagaimana pentingnya penerapan karakter disiplin pada siswa? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Pengertian Disiplin

Sikap disiplin bisa dipelajari dari mana saja, terutama lingkungan sekolah. Sikap disiplin yang dipelajari siswa di sekolah di antaranya menggunakan atribut sesuai dengan ketentuan sekolah, tidak mengerjakan PR di sekolah, hingga rutin menjalankan jadwal piket kelas. Biasanya saat di lingkungan sekolah, siswa yang tidak disiplin akan mendapat hukuman. Hukuman ini tergantung dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Secara umum, disiplin merupakan bentuk kesadaran diri seseorang akan kepatuhan, keterikatan, dan kewajiban dalam menjalani aturan, prosedur, hukum, atau tata tertib yang berlaku.  Disiplin membutuhkan latihan pengendalian pikiran, perasaan, dan kehendak agar menciptakan tingkah laku yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Dalam lingkungan sekolah, sikap disiplin perlu ditumbuhkan baik dari siswa hingga guru.

Manfaat Disiplin

Menanamkan sikap disiplin kepada siswa dapat membantu meningkatkan perkembangan tubuh dan pikiran. Sikap disiplin juga bertujuan agar siswa dapat mempunyai kontrol atas segala tindakan yang akan dilakukan. Saat siswa sudah dapat mengontrol setiap tindakannya, siswa dapat menghindari segala perilaku yang tidak diinginkan serta dengan cepat meraih tujuan hidupnya. Berikut manfaat disiplin yang perlu Anda ketahui:

  1. Keteraturan dalam hidup

Sikap disiplin akan mengajarkan keteraturan pada siswa. Siswa dapat memiliki pola hidup yang teratur dengan mengelola sebaik mungkin waktu yang dimilikinya. Siswa juga dapat menentukan prioritas dalam hidupnya sehingga tujuan dapat tercapai lebih cepat.

  1. Rasa Kepedulian dan Kepekaan

Memiliki sikap disiplin akan membuat siswa tumbuh dengan rasa kepedulian dan kepekaan terhadap orang di sekitarnya. Siswa dapat dengan mudah memahami perasaan orang lain sehingga dapat mengurangi kemungkinan untuk menyakiti perasaan orang. Selain itu, siswa juga tumbuh mempunyai integritas diri sehingga dapat memikul tanggung jawab dan memecahkan masalah dengan baik.

  1. Sifat Kemandirian

Disiplin dapat mengajarkan siswa untuk bijak dalam menentukan pilihan. Siswa akan terbiasa mengambil keputusan yang baik dan tepat sehingga dapat diandalkan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

  1. Rasa Percaya Diri

Siswa akan tumbuh dengan rasa percaya diri karena ia diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu yang dapat dikerjakan sendiri. Selain itu, siswa juga memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat karena bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ditempati.

Contoh Disiplin di Rumah dan Sekolah

Sistem pembelajaran hybrid membuat proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan di dalam ruangan kelas, tetapi bisa dilakukan di mana pun terutama di rumah. Hal ini membuat siswa harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. 

Ada kalanya siswa menghadapi kesulitan selama proses transisi berlangsung, sehingga guru harus bisa mengantisipasinya. Salah satunya dengan menerapkan sikap disiplin dalam diri. Untuk memahami lebih lengkap, berikut macam-macam contoh disiplin di rumah dan sekolah:

  1. Disiplin Belajar

Sebagai seorang pelajar, salah satu kewajiban siswa adalah belajar dengan giat. Siswa harus memiliki disiplin dalam belajar agar dapat menemukan metode belajar yang baik dan benar. Disiplin dalam belajar juga akan membuat siswa tidak malas belajar. Oleh karena itu, siswa akan belajar dengan rajin dan memperoleh hasil yang optimal.

  1. Disiplin Waktu

Seperti yang diketahui, waktu merupakan suatu hal yang sangat berharga. Waktu harus digunakan sebaik mungkin agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Jika siswa memiliki disiplin waktu, maka ia akan bisa mengatur waktunya dengan baik. Siswa akan bisa menyusun jadwal kegiatan serta menentukan prioritas sehingga tetap produktif dan tidak lalai dengan tugas-tugas penting. Dalam pembelajaran hybrid, siswa harus disiplin belajar online sehingga proses belajar mengajar dapat dimulai tepat waktu.

  1. Disiplin dalam Bersikap

Dalam lingkungan sekolah, siswa akan menemukan banyak karakter dan sifat yang berbeda-beda. Beberapa teman ada yang akan membawa pengaruh baik dan pengaruh buruk. Jika siswa tidak disiplin dalam bersikap, maka siswa akan dengan mudah terbawa oleh pertemanan yang tidak baik. Siswa yang disiplin dalam bersikap akan tahu mana hal baik dan hal buruk.

  1. Disiplin Berpakaian

Sekolah pasti memiliki aturan sendiri dalam berpakaian. Aturan ini bisa berkaitan dengan warna pakaian, warna sepatu, tinggi kaos kaki, dan sebagainya. Siswa yang disiplin dalam berpakaian tidak akan melanggar aturan yang ditetapkan. Salah satu contoh kasus siswa yang tidak disiplin berpakaian akan mengenakan sepatu berwarna abu-abu, sedangkan pada aturan sekolah harus mengenakan sepatu berwarna hitam.

  1. Disiplin Beribadah

Sebagai umat beragama, siswa harus beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Siswa harus belajar mengamalkan ajaran agamanya sedini mungkin. Siswa yang disiplin dalam beribadah tidak akan lalai akan perintah agama.

Menjadi pendidik memang penuh dengan tantangan, namun melihat siswa mempelajari hal baru dan dapat mengimplementasikannya suatu saat nanti akan memberikan kepuasan sendiri bagi para guru. Disiplin bukan hal mudah,  perlu penanaman nilai dan latihan terus menerus untuk menguasainya. 

Jadi guru harus bisa mengajarkan disiplin pada siswa sedini mungkin, ya!

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar