2

Melihat Dampak Negatif dan Positif Dari Pembelajaran Daring Selama Pandemi 2019 (0)

FitriyaniElHasan December 7, 2020

Dalam segala keputusan yang kita hadapi tentu tidak lepas dari dampak yang akan dialami kedepannya. Ada dampak positif dan negatif yang akan dihadapi. Menyelesaikannya yaa tergantung bagaimana menyikapinya. Apakah dampak negatif bisa diputar pada sisi positif ataukah sebalikanya?? Let’s discuss it.

Dalam artikel dengan judul yang “terdampak” ini tentunya yang lebih terpukul adalah guru dan murid dalam dunia pendidikan. Sejauh ini saya melihat banyak sekali dampak dari pembelajaran yang terpaksa harus patuh pada sistem DARING ( Dalam Jaringan).

Dari sisi negatif tentunya saya pribadi tidak bisa mengontrol langsung kemampuan dan kesulitan siswa dalam belajar selama di rumah. Dampak negatif lainnya juga seperti ketidaksiplinan siswa saya dalam mengumpulkan tugas. Mereka mengganggap bahwa tugas dan materi ini seolah sudah tidak penting lagi untuk dijalani. Ah sedihnya!

Nah kalau dampak positifnya sih mereka bisa mengasah lebih dalam ilmu IT diera modern ini. Mereka lebih tau bagaimana mencari materi tambahan di internet atau bahkan tugas yang mengharuskan mereka untuk bermain dengan komputer yang ada.

Sumber lain mengatakan bahwa dampak-dampak ini sangatlah besar. Seperti di laman situs Metro.Tempo.Co bahwa ada beberapa dampak negatif yang didapat ketika pembelajaran dalam jaringan alias online. Berikut dampak negatifnya:

1. Ancaman putus sekolah 
Anak berisiko putus sekolah lantaran terpaksa bekerja demi membantu perekonomian keluarga.

2. Penurunan capaian belajar 
Dinas Pendidikan menemukan adanya perbedaan akses dan kualitas selama Pembelajaran Jarak Jauh.

3. Tanpa sekolah, anak berpotensi menjadi korban kekerasan rumah tangga yang tidak terdeteksi guru.

4. Keterbatasan gawai dan kuota internet sebagai fasilitas penunjang belajar daring.

5. Anak berisiko kehilangan pembelajaran atau learning loss. 
Menurut Nahdiana, kegiatan belajar tatap muka di kelas menghasilkan pencapaian akademik lebih baik ketimbang Pembelajaran Jarak Jauh.

6. Anak kurang bersosialisasi.

Sedangkan dampak positif Pembelajaran Jarak Jauh/Daring adalah:

1. Anak memiliki banyak waktu di rumah bersama keluarga.

2. Metode belajar yang variatif. 
ketimbang anak hanya berada di dalam kelas, kini mereka lebih fleksibel belajar dari rumah.

3. Anak peka dan beradaptasi dengan perubahan.

4. Mau atau tidak, anak pasti harus mengeksplorasi teknologi.

5. Sebagian anak merasa nyaman belajar dari rumah karena tak ada yang merisak atau mengganggu.

Kesimpulannya, tetap saja bagi saya dampak negatif lebih besar dialami oleh guru dan siswa. Terlebih siswa baru atau yang baru masuk sekolah. Mereka harus menahan keingintahuan mereka tentang siapa dan bagaimana guru mereka ketika mengajar. Mereka juga tidak tau akan peraturan sekolah yang ada. Mendapat teman yang baru di sekolah baru dan juga tentunya ilmu yang baru secara normal.

Semoga keluh kesah selama pembelajaran online ini menjadi harapan baru ditahun depan agar bisa bertatap muka kembali. Aamiin 😉

Semangat Guraru, semangat murid tercinta..

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar