4

Melek IT Demi Kemajuan Kualitas Anak Negeri (+4)

zulhamdi June 17, 2014

Hari ini milik Anda !

Jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. Hari inlah yang akan Anda jalani, bukan hari kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, dan juga bukan esok hari yang belum tentu datang. Hari yang saat ini mataharinya menyinari Anda, dan siangnya menyapa Anda , inilah hari Anda. Inilah sebuah petikan kalimat singkat yang saya ambil dari sebuah buku terlaris sepanjang masa La Tahzan karangan Dr. ‘Aidh al-Qarani , sebuah kalimat yang menginspirasi saya akan bagaimana saya harus terus belajar tentang segudang manfaat IT tanpa harus mengenal waktu, tempat, usia dan latar belakang saya yang hanya seorang guru Biologi . “Melek IT” suatu kata ungkapan yang membuat saya sadar bahwa selama ini saya banyak mengalami kemunduran dalam pengajaran, media yang di buat pun hanya “itu itu saja” dengan teknik COPAS dari sumber antah berantah membuat saya semakin kebelakang akan pentingnya memperbaharui ilmu saya di bidang IT. Ungkapan Mas Sukani inilah yang membuat saya seperti di cambuk diingatkan kembali kalau saya masih punya kesempatan yang luas untuk terus belajar , agar bisa mengembangkan suatu program atau media yang nantinya bisa bermanfaat bagi saya maupun orang lain.

Berdasarkan kutipan yang saya ambil dari http://edukasi.kompasiana.com dijelaskan bahwa Pemanfaatan TI sebagai pendukung proses pembelajaran disekolah dapat dilihat melalui beberapa sudut pandang yaitu :

1. TI Sebagai Sumber Informasi Dan Ilmu Pengetahuan Informasi dan ilmu pengetahuan dapat sampai pada kita melalui berbagai jalan

2. TI Sebagai Model Sistem Pembelajaran TI telah menawarkan beragam bentuk pemanfaatan dalam sistem pembelajaran misalnya Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Managed Learning (CML), dan ComputerMediated Communication (CMC)

3. TI Sebagai Media Pembelajaran Multimedia Pemanfaatan TI dalam proses belajar mengajar juga dapat dilakukan dengan menggunakan komputer dan projector dan sarana multimedia interaktif

4. TI Sebagai Sarana Pengembangan Tenaga Pengajar Profesional TI memiliki peran penting dalam pengembangan profesional tenaga pengajar

Nah dapat kita lihat sungguh luar biasa manfaat yang kita peroleh jika kita memahami IT dan mampu mengembangkannya untuk pembelajaran demi kemajuan kualitas anak-anak didik kita nantinya.

Akhir kata marilah sebagai seorang pendidik dari bidang apapun , mulai detik ini  mari cari tau apa itu IT, pelajari , pahami dan amalkan sehingga hasil yang kita dapatkan nantinya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat yang akan terus mengalir yang akan menjadi ladang pahala bagi siapa saja yang mau menyampaikannya.

images

Zulhamdi

Peserta Diklat Online Angkatan II

 

 

Comments (4)

  1. Salam kenal pak Zulhamdi. ya begitulah pak, pendidikan harus sesuai dengan jaman agar dapat menembus produk kita dapat menembus pasar dunia. Era digital, seluruh negara sedang menyesuaikan kurikulumnya yang harus serba digital pula. Insya Allah diklat online ini amat bermakna. Salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar