0

Media Puzzle dalam Tata Nama Senyawa Asam dan Basa (0)

Yusmini March 4, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Kali ini pembahasan kita mengenai penggunaan media puzzle dalam tata nama senyawa asam dan basa.

Media Pembelajaran Puzzle

Mengutip dari wikipedia bahasa Indonesia, beberapa pengertian media pembelajaran adalah: (1) teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, (2) segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar, dan (3) Alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari guru kepada murid sehingga murid menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Salah satu pendukung keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah penggunaan media pembelajaran. Dengan penggunaan media dapat memberikan stimulus dan rangsangan kepada siswa untuk belajar secara aktif. Selain itu penggunaan media yang menarik juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Guru dituntut untuk dapat memberikan variasi penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Dalam mengajarkan konsep pembentukan senyawa asam dan basa, guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa puzzle.

Saya menggunakan media puzzle ini di kelas XI untuk mengenalkan rumus serta tata nama senyawa asam dan basa. Terkadang siswa mengetahui nama senyawanya, tetapi tidak dapat menyebutkan dengan benar rumus senyawa. Misalnya ketika menyebutkan nama senyawa kalsium hidroksida, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyebutkan rumus Ca(OH)2

Pembuatan Media Puzzle

Persiapan awal yang dilakukan untuk membuat media puzzle tata nama senyawa asam dan basa ini adalah dengan menyiapkan simbol untuk ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Kation dan anion dapat dituliskan langsung di karton atau dengan bantuan komputer kemudian diprint di kertas karton. Kartu puzzle kation dan anion ini dilengkapi dengan nama kation dan anionnya masing-masing. Misalnya simbol Mg2+ adalah untuk ion magnesium.  

Dalam penulisan simbol ion positif diberikan tanda plus (positif) di bagian ujung kartu dan untuk ion negatif diberikan tanda minus (negatif). Bentuk ujung puzzle yang dibuat untuk memasangkan antara satu kartu dengan yang lainnya dapat divariasikan sesuai kreativitas guru masing-masing. Semakin menarik bentuk puzzle yang digunakan akan membuat pembelajaran tata nama senyawa asam dan basa ini semakin menyenangkan bagi siswa.

Penggunaan media puzzle dalam tata nama senyawa asam dan basa dapat digunakan secara berpasangan atau berkelompok dengan anggota 4-5 orang setiap kelompoknya. Guru dapat menyiapkan worksheet atau lembar kerja pendukung bagi siswa untuk menuliskan rumus senyawa asam dan basa yang telah dipasangkan. Guru kemudian mengecek apakah rumus dan nama senyawa asam dan basa tersebut telah sesuai.

Manfaat yang dirasakan oleh siswa dengan penggunaan media puzzle ini adalah mereka lebih memahami proses pembentukan senyawa asam dan basa serta nama senyawa asam dan basa tersebut. Tanpa mereka sadari, dengan menyusun puzzle-puzzle tersebut, mereka sedang belajar. Belajar sambil bermanin puzzle. Belajar tata nama senyawa kimia jadi terasa menyenangkan dengan media puzzle.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Media_pembelajaran

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar