7

Media Pembelajaran Interaktif Serat Wulangreh Pupuh Gambuh (+6)

Mu'linnatus Sa'dah May 7, 2015

Mengangkat tema tentang perkembangan teknologi di dunia pendidikan memang tak ada habisnya. Selalu lahir karya-karya elegan, bermanfaat, dan menggairahkan. Salah satunya adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif.

Media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar (Briggs dalam Susilana dan Riyana, 2009:6). Pendapat tersebut menjelaskan bahwa proses kegiatan belajar mengajar akan lebih bergairah jika menggunakan media pembelajaran.

Untuk itu, penulis membuat media pembelajaran agar siswa lebih paham dengan kompetensi dasar yang dibahas oleh guru. Media pembelajaran yang penulis buat merupakan bentuk presentasi. Media ini dibuat sebagai salah satu cara agar siswa kelas VIII di SMP N 1 Cluwak lebih berminat dan paham tentang pembelajaran bahasa Jawa khususnya menembang.

Tembang macapat bagi sebagian anak kelas VIII memang sulit. Akhirnya, penulis memikirkan suatu ide agar pembelajaran bisa lebih bergairah. Media pembelajaran berupa power point yang dirubah ke flash. Pembuatan media pembelajaran ini memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk membuat karya teknologi yang berjudul “Media Pembelajaran Interaktif Serat Wulangreh Pupuh Gambuh”.

Dalam media pembelajaran ini, guru menyisipkan suaranya. Media ini juga bisa disalin dan digunakan siswa untuk belajar di rumah. Media pembelajaran interaktif ini, guru buat dengan konsep belajar mandiri. Dengan pemanfaatan MPI ini, siswa bisa memahami makna tembang dan belajar nembang.

IMG_20140429_071923[1]

Pembuatan MPI Serat Wulangreh Pupuh Gambuh ini hanya membutuhkan alat dan bahan yang mudah dicari. Berikut alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan.

–       Perangkat komputer atau laptop

–       CD Room

–       CD R / CD RW

–       Headseat

Sofware yang dibutuhkan :

  • Microsoft Power point 2007/2010
  • I Spring Presenter 7 (trial)
  • Adobe Flash player 11
  • Swf to exe converter.

Microsoft power point digunakan untuk mendesain presentasi/ multimedia, I spring presenter 7 (trial) digunakan untuk menconverter hasil pengembangan multimedia dari powerpoint (format pptx) menjadi macromedia flash (format swf). Selain itu, juga digunakan untuk membuat quiz. Adobe flash player 11 digunakan untuk memutar hasil converter dari power point ke swf. Swf to exe converter digunakan untuk mengconvert hasil swf ke aplikasi exe agar bisa di burn ke CD dengan autorun.

Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran ini diterapkan untuk siswa kelas VIII pada bulan Oktober 2014. Seperti biasanya, jika tanpa suplemen, kelas akan berlangsung monoton. Maka dari itu, pelajaran guru awali dengan warming up berupa nembang macapat gambuh dengan cakepan yang familiar di telinga mereka yaitu

sekar gambuh ping catur

kang cinatur polah kang kalantur

tanpa tutur katula-tula katali

kadaluwarsa katutuh

kapatuh pan dadi awon

Dengan mengingat tembang tersebut, anak-anak tau bahwa pembahasan adalah mengenai tembang macapat. Pembelajaran dilanjutkan dengan penjelasan guru apa itu serat, dan hal-hal yang berhubungan dengan wulangreh. Kemudian guru menayangkan media pembelajaran tersebut di kelas melalui LCD. Guru mengajak lagi siswa nembang dengan cakepan (lirik) yang lain dari pupuh gambuh. Mereka akhirnya tahu bahwa tembang macapat yang familiar di telinganya adalah salah satu pupuh gambuh di serat wulangreh.

Guru membantu mereka nembang tiap baris, hingga mampu menembangkan seluruh cakepan. Kemudian dibentuk kelompok berjumlah 4 anak. Disitu, guru meminta mereka maju untuk nembang dan menuliskan maksud atau amanat yang ada di tembang macapat. Dan Alhamdulillah, pembelajaran terlaksana dalam 2 kali pertemuan menghasilkan nilai dan hasil belajar yang memuaskan.

cuplikan media pembelajaran interaktif yang guru buat dan dimanfaatkan anak-anak untuk belajar. MPI ini masuk 20 besar lomba pembuatan bahan ajar berbasis komputer di LPMP jawa tengah dan dipresentasikan di depan 3 juri yang berpengalaman pada Desember 2014.

 

titi
kilaguprofpustqz

qz1

qz2

qz3

qz4

qz5

sg

wg

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar