30

Media Interaktif yang smart & simple (+8)

Budi Lestari June 5, 2014

Assalammualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Pagi yang indah untuk memulai aktifitas. Pada kesempatan ini saya ingin mencoba untuk menulis tentang media pembelajaran yang sebenarnya sudah lama dicreate dengan tujuan untuk mendukung dalam proses pembelajaran di kelas yang saya ampu. Tapi, tak apalah nggak ada kata terlambat untuk menuliskan dan membagikan di sini, siapa tahu bermanfaat bagi para reader.

Mengajar dengan audiens peserta didik yang mempunyai nilai grade tinggi adalah tantangan bagi kita. Mau tidak mau, kita harus selalu punya tip dan trik agar siswa tertarik, siswa antusius, pembelajaran di kelas hidup dan materi mudah dipahami oleh peserta didik.

Berikut ini saya akan berbagi tentang pembuatan media pembelajaran dengan Lectora.

A.  Merancang Media
1.  Membuat Flowchart program (alur program)

1

2.  Membuat Storyboard

B.  Memulai bekerja lmembuat media pembelajaran

    1. Aktifkan program aplikasi Lectora dengan mengklik gambar
    2. Pilihlah Create New Title kemudian Klik Title Wizard atau Template
    3. Kemudian pilihlah desain yang kalian senangi kemudian klik Start Wizard, akan muncul form Name dan Location. Name digunakan untuk nama Media Pembelajaran yangakan dibuat, sementara location digunakan untuk tempat menyimpan media yang dikerjakan.3
    4. Setelah Name and Location diisi kemudian klik tombol Next, maka akan muncul Color Theme Selection ( digunakan untuk mengatur pewarnaan media pembelajaran yang sedang dibuat. Setelah itu tekan tombol Next.
    5. Form/ isian yang keluar adalah Title Organization. Pilih/ centang untuk pilihan Chapters and page (isi 5 atau sesui kebutuhan), include help dan include test at end of title. Test Name yang berisi Final Assessment diganti dengan nama Evaluasi. Kemudian klik Next4
    6. Form yang muncul berikutnya adalah form Chapter 1 of 5 yang digunakan untuk mengisi tombo-tombol navigasi sesuai dengan keinginan kita.
    7. Setelah semua diisi klik tombol Next maka, Media Pembelajaran yang dibuat sudah siap untuk diisi dengan content pembelajaran.
      Berikut adalah gambaran content yang akan dibuat.
    8. 5

C.  Memasukkan objek gambar pada halaman kerja. Media pembelajaran rasanya hambar tanpa ada gambar/video/animasi.   Lectora menyediakan fasilitas untuk semua kegiatan tersebut. Untuk memasukkan objek gambar dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

    1. Aktifkan halaman lectora yang akan diisi objek, pada tahap pertama ini kita mengisi halaman dengan gambar.
    2. Arahkan mouse pada menu add – klick menu add – object – image
    3. Setelah itu akan muncul kotak dialog image properties
    4. 6
    5. Pilih dan klik tanda panah ke bawah samping tulisan import
      Setelah itu muncul form pilihan : From File artinya mengambil file dari hardisk/media penyimpanan sendiri, Media Library artinya mengambil file yang sudah disediakan oleh lectora
    6. Mari kita coba dahulu memasukkan gambar dari file yang sudah dipunyai dari hardisk anda
      7

DMengisi Halaman dengan konten yang dibuat sendiri
Untuk mengisi konten pada tiap bab yang sudah dibuat maka dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
(Sebagai contoh kita akan mengisi bab Kompetensi)

  1. Untuk mengisi konten pada halaman kompetensi maka arahkan mouse dan klik pada chapter Kompetensi. Kemudian tekan tanda ( + ) didepan gambar buku. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut. Arahkan mouse pada page 1 dan klik.
  2. Setelah itu pada halaman/stage akan aktif di bagian Body Text dari Page 1 Chapter Kompetensi. Dengan menekan   double klik pada mouse anda kemudian blok semua huruf pada kotak body text dan hapuslah text yang ada, ganti sesuai dengan kompetensi bahan ajar anda. Dengan cara yang sama anda dapat mengisi konten pada tiap chapter yang anda buat sesuai dengan story board yang sudah anda buat pada awal materi ini.

89

 

E.  Membuat Evaluasi
Setelah konten pembelajaran terisi, maka tahap selanjutnya adalah membuat materi uji sebagai sarana penilaian terhadap pemahaman siswa pada materi ajar. Berikut adalah tahapan untuk membuat materi uji :

10

  1. Arahkan mouse pada menu Evaluasi, Setelah itu klik tool bar Add Question
  2. Untuk memilih tipe soal pilihan ganda pada bagian Type pilih Multiple Choice. Kemudian klik next, masukkan pertanyaan yang di inginkan pada bagian Question.
  3. Kemudian klik next, pada bagian Number Of Choice isikan pilihan jawaban sesuai keinginan, misal diisi 5. Pada langkah ini yang diubah hanya bagian Number Of Choice saja, pada bagian yang lainnya biarkan sseperti semula.
  4. Kemudian klik next dan tuliskan tiap jawaban pada bagian Choice Text, untuk jawaban yang benar beri tanda centang pada bagian Correct Choice

11

F.  Publikasi
Publikasi adalah proses penyajian file lectora ke dalam beberapa format file, yaitu: EXE,CD,HTML, dan SCROM.
Berikut langkah-langkah melakukan publikasi ke file exe:

12

  1. Pemeriksaan kesalahan dan peringatan atau Checking Errors. Untuk melakukan Checking Errors, klik ToolsError Check.
  2. Klik Tombol Remove apabila muncul jendela Remove Resource and Variable From Tilte.
  3. Pastikan memberi tanda Contreng pada Delete Resource Files from Hard Drive. Perbaiki Jika terdapat Error dan/atau Warning.Klik Done. Ulangi hingga tidak ada Error dan Warning.
  4. Setelah selesai pemeriksaan kesalahan dan peringatan atau Checking Errors, maka langkah selanjutnya adalah melakukan publikasi/publish dengan cara: Klik Menu Publish > Publish to Single File Executable.
  5. Klik tombol Publish.
  6. Pilih Lokasi Tujuan file dan Ganti Nama file jika diperlukankemudian Klik Tombol OK.

Hasil publikasi akan ada Satu file berekstensi *.exe yang dapat dijalankan pada semua versi Sistem Operasi Windows tanpa harus instalasi lectora terlebih dahulu.

Hasil akhir dari pembuatan media pembelajaran ini dapat di download di sini.
Demikian tulisan artikel perdana saya, tentunya masih banyak kekurangan dalam penggunaan kata/kalimat dan juga layout yang masih kurang rapi.  Tak ada kata yang lebih indah selain  permohonan maaf. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

Comments (30)

  1. Terimakasih bu atas sharingnya. Wow…luar biasa bu Budi Lestari. Ini sharing tutorial ya bu. Gaya bahasa tulisan ibu juga apik dan runtut. Mudah-mudahan bisa masuk 3 besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 ini. Amin.

    Saya berikan ‘VOTE’ bu. Salam sukses,

  2. Pak Kasmadi : njih pak silah kan di coba dulu, dan insyaAllah siap menjawab pertanyaan Bapak. hehe..
    Pak Sukani : matur nuwun Pak, masih dalam taraf belajar menuangkan apa yang ada di pikiran, ke bentuk tulisan… dan smoga b’manfaat. aamiin ..:-)

  3. Bapak/Ibu dulu saya menggunakan Lectora versi Demo, dan saya akali dengan install time stpper biar bisa dipake trus. Tapi sekarang saya menggunakan Lectora Portable yang bisa langsung dipake. Software ini ringan, karena dengan size 115 MB, dapat disimpan dan dioperasikan lewat flashdisk dan tak perlu crack lisensi. Silakan kalo ada yang berminat, bisa di download disini. https://drive.google.com/file/d/0B3gk_ZrFuLunTjZSMHNwamVoeTg/edit?usp=sharing

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar