33

Masih Ada Waktu Untuk Yang Berminat (+4)

Sri Sugiastuti January 20, 2014

Salam, Guraru yang dimuliakan Allah. Tahukah anda bahwa implementasi kurikulum membutuhkan ribuan Instruktur nasiaonal? Ini berita menggembirakan bagi guraru , gudangnyanya guru bermutu dan berprestasi dan juga menginginkan perubahan. Wacan ini perlu ditindaklanjuti mengingat waktunya sudah mepet.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah menyiapkan pelatihan untuk Instruktur Nasional . Dibutuhkan sekitar 33.000 Instruktur Nasional (IN) untuk melatih guru-guru dalam implementasi Kurikulum 2013.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud, Syawal Gultom, merinci, dari total 33.000 Instruktur Nasional yang dibutuhkan tersebut, sebanyak 14.707 untuk SD, 10.107 untuk SMP, 5.352 untuk SMA, dan 2.940 untuk SMK.

β€œSupaya berkualitas, semua instruktur nasional harus punya perspektif yang sama tentang pelatihan,” ujar Syawal dalam jumpa pers di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (17/1/2014).

Sebelum pelatihan Instruktur Nasional dimulai, Kemdikbud terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap guru-guru yang menjadi calon Instruktur Nasional. Mereka terdiri dari guru-guru terbaik dan berprestasi, serta mampu memberikan pelatihan dengan baik. Seleksi Instruktur Nasional dilakukan secara online maupun offline (manual).

Syawal menjelaskan, pendaftaran Instruktur Nasional dibuka sejak 1 Januari hingga 26 Januari 2014. Saat ini sudah ada sekitar 27.000 guru yang mendaftar sebagai Instruktur Nasional.
β€œIni direkrut secara terbuka. Seluruh yayasan pendidikan juga berhak mengajukan guru-gurunya yang terbaik,” ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 26 hingga 30 Januari 2014, Kemdikbud akan melakukan seleksi administrasi terhadap semua calon Instruktur Nasional yang mendaftar. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi akan dilakukan pada 31 Januari 2014. Pelatihan Instruktur Nasional akan berlangsung pada 3-7 Maret 2014, lalu dilanjutkan dengan pelatihan guru sasaran pada minggu ke-3 bulan Maret.

Bagaimana Guraruers? Apakah Anda berminat ayo silahkan uji kemampuan Anda untuk menjadi instruktur yang handal dalam mengimplementasikan Kur 2013. Semoga Anda menjadi instruktur yang hebat.

Bila ingin info lebih lengkap lagi sila kunjungi http://kemdikbud.go.id
Sedangkan sumber berita ini ada di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2028

3,267 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (33)

  1. Ayo gururu yang berkompetence silahkan masih ada. Saya pribadi hanya mendorong semangat guraru yang potensial. Alasan saya. kemaren saja waktu UKG saya tidak diberi kesempatan padahal sudah berusaha belajar dan berharap dapat panggilan eh Namanya saya tak pernah muncul sampai saat ini.
    Konon yang nilai UKGnya di atas 70 otomatis bisa melaju ke pelatihan instruktur. Mari dilengkapi info ini. mengajak; Pak Rudy,, Pak Sukani, Bu Mugi, Omjay. Pak Sakti, Bu deasi dan Pak Bakri juga Cikgu Namin, wah pokoknya silahkan saja Saya hanya merestui..

  2. Bu Deasi setau saya nilai UKG itu beda dengan nilai yang disertifikasi. Jadi UKG itu setelah ada sertifikasi dan UKG itu dilaksanakan secara online. jadi seru juga untuk guru yang gaptek internet dan pelaksanaannya amburadul. Saya yang seharusnya juga masuk daftar guru yang harus mengikuti UKG ternyata samapai saat ini belum mendapat giliran dan mungkin juga masih banyak lagi. Dari pelaksanaan itu banyak sekali komen yang pro dan kontra karena memang belum semua guru melek IT.
    Itu saja sharing saya Bu Deasi kalau belum puas keponya bisa tanya mba google ya.
    Salam.

  3. Pak MT ( Mulyadi Tenjo ) ngoceh, refeshing, dapur ngebul tapi hasilnya masih dipertanyakan ya?
    Pembuat kebijakan di bidang pendidikan ini memang belum maksimal. Perlu terobosan yang super untuk bisa mengejar ketinggalan kita dari negara lain.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar