3

Masalah Pembelajaran Bisa dijadikan Project Pembelajaran (+4)

Restu Ninggutomo April 15, 2014

Assalammualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Selamat pagi para gurauers, semoga kita semua selalu dijaga nikmat sehat Rohani dan Jasmani. Lama sudah tidak sharing pengalaman mengajar saya di guraru, karena kesibukan di sekolah yang sangat berkelanjutan, kali ini saya akan membagi pengalaman mengajar saya dalam bidang bahasa inggris, khusunya mengajak siswa/siswi untuk berbicara bahasa inggris (Speaking English).

Pada tahun ajaran baru, saya selalu memberitahukan materi-materi apa saja yang akan di pelajari untuk satu tahun kedepan. Kemudian saya memberitahukan tentang motivasi, manfaat, dan kesulitan untuk berbicara bahasa inggris.

Memberikan Motivasi dan Manfaat :

‘If you can speak English well, you can talk with every people in another country, because English is the international language ”

” Jika kalian bisa menggunkan bahasa inggris, maka kalian bisa berkomunikasi dengan negara manapun, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional ”

” Language is a habit ” ” Bahasa adalah suatu kebiasaan, jadi bahasa bisa karena terbiasa”

Gambaran : Jika kalian yang asli orang indonesia, dan jika pada saat masih berumur 3 bulan, kemudian kalian dibesarkan di Amerika oleh orang Amerika yang pastinya berbahasa inggris, maka apa bahasa yang kalian gunakan?? ” tentunya bahasa Inggris ” karena kalian terbiasa mendengar, melihat dan mengucapkannya

Menggambarkan fakta kesulitan berbicara bahasa inggris :

1. Malu : Pada dasarnya kita bisa jika ingin berusaha, tapi jangan pernah kita malu karena nanti bisa ditertawai oleh teman teman yang lain karena ucapannya aneh, ataupun lucu terdengarnya dan mengundang tawa.

2. Takut salah : Salah itu wajar, dan cobalah belajar dari kesalahan. Jangan pernah merasa takut salah pada saat mengucapkan ataupun berbicara bahasa inggris.

3. Malas : Kata malas ini muncul, ketika siswa mempunyai rasa Malu dan Takut Salah. Karena besarnya rasa malu dan takut salah mereka maka, siswa mendapat kendala dalam belajar bahasa inggris, dan mungkin bisa jadi Mapel Bahasa Inggris tidak disukainya.

Berdasarkan dari motivasi dan permasalahan kesulitan berbicara bahasa inggris, saya membuat suatu pembelajaran bahasa inggris tanpa rasa malu dan takut salah dengan menggunakan project video english conversation .

Dengan cara ini maka siswa akan berakting atau beradegan berbicara menggunakan bahasa inggris tidak didepan orang banyak ataupun teman temannya sekelas, hanya dengan kelompoknya saja dan di depan kamera, dan jika terjadi kesalahan didepan kamera bisa diulang pengambilan gambarnya. Mudah mudahan dengan cara ini para siswa tidak malu lagi dan tidak merasa takut salah dan yang paling terpenting mereka terbiasa menggunakan bahasa inggris.

Langkah-Langkah pembelajaran saya :

  1. Siswa dikelompokkan terlebih dahulu minimal 4 siswa dan maksimal 5 siswa dalam setiap kelompok.
  2. Siswa diberikan penjelasan tentang materi yang sesuai KD yang akan dicapai.
  3. Siswa diberikan project yang akan ditugaskan tentang project video English conversation (SHORT FILM)
  4. Siswa dilatih membuat story board, dialog percakapan.
  5. Siswa diperlihatkan suatu video adegan berbahasa inggris dengan suatu tema dan settingan tempat tertentu dan di jelaskan pembuatan project yang akan di buat (project video english conversation).
  6. Siswa diberikan batas waktu pengerjaan project tersebut
  7. Hasil Project yang dikumpulkan adalah : (1) Storyboard (2) Text Dialog (3) Short film.

Demikian pengalaman saya mengajar, mudah mudahan bisa menjadimasukan untuk kita semua guraruers. semoga kita semua dalam lindungaNya dan selalu di berkahi olehNya. Amin.

Salam sukses dan syukur untuk seluruh GURARU

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Comments (3)

  1. Sip pak Restu, ayo terus posting pak. Ya memang jadwal aktivitas harus diketati, hehehe. Pak, no. (2) itu maksudnya apa?

    (2) Siswa diberikan penjelasan tentang materi yang sesuai KD yang akan dicapai. Sejauh mana “Penjelasan” yang bapak maksudkan? Sebab materi yang akan dipelajari siswa melalui proyek, biarkan siswa memulai dan mengakhirinya hingga proyek selesai. Thx sharingnya, salam sukses.

  2. Maksud dari KD ini adalah Kompetensi Dasar, yang ada dalam Silabus dan juga RPP..
    Misalkan :
    KD tersebut berbunyi : Mengungkapkan berbagai macam maksud hati (menggunakan Ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) dengan tepat. Maka saya akan memberitahukan bahwa dalam materi ini yang akan kita capai adalah mampu menggunakan ungkapan2 tawar menawar. Dan selanjutnya siswa mencari tahu dengan sendirinya tentang ungkapan ungkapan bargaining
    Mohon maaf bila kurang jelas

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar