0

MARI MENGENAL LEBIH DEKAT ILMU-ILMU SOSIAL “GEOGRAFI” (0)

Rusmana January 31, 2021

MARI MENGENAL LEBIH DEKAT ILMU-ILMU SOSIAL “GEOGRAFI”
Rusmana, Januari 2021
Pada hakikatnya manusia hidup tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, manusia senantiasa membutuhkan orang lain. Pada akhirnya manusia hidup secara berkelompok-kelompok. Manusia dalam bersekutu atau berkelompok akan membentuk suatu organisasi yang berusaha mengatur dan mengarahkan tercapainya tujuan hidup yang besar. Dimulai dari lingkungan terkecil sampai lingkungan terbesar.
Pada mulanya manusia hidup dalam kelompok keluarga. Selanjutnya mereka membentuk kelompok lebih besar lagi seperti suku, masyarakat dan bangsa. Kemudian manusia hidup bernegara. Manusia membentuk negara sebagai persekutuan hidupnya.
Dalam membentuk kelompok tersebut, secara tidak langsung manusia telah belajar tentang ilmu baik ilmu sosial , budaya maupun kealaman. Perkembangan masyarakat saat ini yang semakin kompleks, menuntut manusia untuk lebih cermat dalam menata kehidupan. Bagi masyarakat yang tidak memahami ilmu maka akan tertinggal jauh dari masyarakat lain yang banyak belajar mengenai ilmu. Karena dapat terlihat pada zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan berkembang layaknya seperti kilat yang terus menyambar. Dari belahan dunia yang satu telah menciptakan temuan baru, belahan dunia yang lain juga menciptakan formula-formula baru yang dapat memudahkan pekerjaan manusia di muka bumi ini.
Ilmu pengetahuan yang semakin maju tersebut akan dapat merubah kondisi bumi ini dari mulai semakin baik bahkan ada juga dampak negatif yang membuat bumi ini semakin buruk. Hal itu tentu saja merupakan pengaruh dari ulah manusia yang salah dalam membuat penemuan-penemuan baru, karena yang dipikirkan dalam membuat penemuan baru tersebut hanya untuk kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan dirasakan ketika penemuan itu telah digunakan.
Didalam makalah ini akan diterangkan mengenai esensi dan konsep dasar ilmu-ilmu sosial, Bidang-bidang Ilmu Sosial. Ilmu-ilmu sosial berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial karena ilmu-ilmu sosial merupakan pengembangan dari IPS. Melalui ilmu-ilmu sosial lainnya kita tidak hanya mengetahui cara bersosialisasi di dalam masyarakat tetapi kita juga dapat mengetahui ilmu-ilmu sosial lainnya, seperti sejarah, Geografi, Antropologi, Sosiologi, Psikologi serta ilmu sosial lainnya. Namun, pada artikel kali ini yang akan kita bahas mengenai ilmu Geografi.
Geografi
Pada zaman awal perkembangannya, Eratosthenes menyatakan bahwa Geografi adalah penulisan tentang bumi, sedangkan Strabo menyatakan bahwa Geografi erat kaitannya dengan karakteristik mengenai suatu tempat dengan memperhatikan hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.
Ruang Lingkup dan Objek Studi Geografi
a)      Ruang Lingkup Studi Geografi
Rumusan ruang lingkup studi geografi menurut Rhoad Murphey adalah :
Persebaran, Hubungan penduduk dimuka bumi dengan sejumlah aspek aspek keruangannya, serta bagaimana manusia menggunakan muka bumi,Interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik yang merupakan salah satu bagian dari keanekaragaman wilayah Kajian tentang region / wilayah yang menghasilkan kerangka regional serta analisa region-region khusus.
b)      Objek  Study Geografi
Objek geografi meliputi 2 bagian, yaitu objek material dan objek formal.
-Objek material geografi adalah unsur yang berada dipermukaan bumi terdiri dari 5 unsur yaitu.

  1. Atmosfer (Lapisan udara)
  2. Litosfer (Lapisan kulit bumi)
  3. Hidrosfer (Lapisan air)
  4. Biosfer (Lapisan mahluk hidup)
  5. Antroposfer (lapisan kehidupan manusia)
    -Objek Formal geografi adalah bagian dari objek material yang dilihat berdasarkan sudut pandang keilmuan geografi yang meliputi pola selebaran, keterkaitan dan perkembangan atau perubahan yang terjadi pada wilayah-wilayah dipermukaan bumi. Wilayah-wilayah yang memiliki pola selebaran keterkaitan perkembangan tertentu atau memiliki ciri khas disebut region. Oleh karena itu banyak orang yang menganggap bahwa region adalah objek formal geografi.
    Prinsip-Prinsip Geografi
    Terdiri atas :
  • penyebaran, merupakan prinsip dasar ilmu geografi yang memandang bahwa setiap gejala geografi baik yang berkenaan dengan gejala alam maupun manusia tersebar di permukaan bumi dan secara faktual tidak merata penyebarannya. Misalnya penyebaran penduduk di pulau Jawa terlihat banyak dan padat, tetapi diluar Jawa relatif sedikit dan jarang.
  • Prinsip interelasi, merupakan prinsip geografi yang melihat pola hubungan dengan gejala kesatu dengan lainnya atau antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lainnya. Geografi selalu berusaha mengungkapkan hubungan faktor fisis dengan faktor fisis lainnya. Misalnya mengkaji tentang bentuk permukaan bumi dengan kondisi cuaca. Permukaan bumi yang tinggi cenderung memiliki suhu udara rendah, sedangkan di dataran rendah memiliki suhu udara yang relatif tinggi. Hubungan antara faktor fisis dengan faktor manusia misalnya di daerah dingin orang akan mengenakan pakaian tebal sedangkan di daerah yang panas tentu saja akan mengenakan pakaian yang tipis. Antar hubungan tersebut dapat mengungkapkan karakteristik gejala atau fenomena geografi di suatu tempat atau wilayah tertentu.
  • Prinsip deskripsi, merupakan prinsip yang menggambarkan lebih jauh terhadap penyebaran dan hubungan interrelasi antara fakta dan gejala di permukaan bumi. Prinsip ini tidak hanya dapat dilaksanakan melalui kata-kata dan peta, tetapi dapat pula ditampilkan dalam bentuk diagram, grafik ataupun tabel.
    Prinsip keruangan / korologi, merupakan prinsip yang sangat penting karena fakta dan masalah geografi ditinjau penyebarannya, interrelasinya dan interaksinya dalam ruang. Ruang dalam sudut pandang geografi adalah permukaan bumi, baik keseluruhan maupun hanya sebagian saja. Ruang permukaan bumi tidak hanya bagian bumi yang bersinggungan dengan udara, melainkan termasuk juga lapisan atmosfer terbawah yang mempengaruhi permukaan bumi, lapisan batuan sampai kedalaman tertentu yang merupakan sumber daya bagi kehidupan, air yang ada di permukaan bumi, dan air tanah sampai kedalaman bumi. Dengan demikian, prinsip ruangan memperhatikan penyebaran, interrelasi dan interaksi gejala unsur atau gelaja komponen di permukaan bumi sebagai suatu ruang yang membentuk kesatuan fungsi.
    Pendekatan Geografi
    Dalam pemecahan suatu masalah, geografi memiliki tiga pendekatan, yaitu:
  • Keruangan: digunakan untuk mengetahui fakta dan masalah yang berada di permukaan bumi, dengan prinsip penyebaran. Pendekatan ini mengkaji dan merencanakan ruang, perikaanan bumi sehingga ruang dapat diharapkan mampu menopang kehidupan manusia yang berada di dalamnya.
  • Pendekatan Lingkungan: Digunakan oleh ilmu geografi untuk mengetahui hubungan dan ketertarikan antara unsur-unsur yang berada pada suatu lingkungan tertentu, baik antar makhluk hidup maupun antara makhluk hidup dengan lingkungan alamnya. Studi interaksi antara organisme hidup dengan lingkungan disebut ekologi. Oleh karena itu, pendekatan lingkungan dapat juga disebut Pendekatan Ekologis. Pendekatan ini sangat bermanfaat, karena di dalamnya terdapat prinsip keseimbangan alam dan kehidupan, misalnya penanggung-langganan masalah banjir tidak hanya memperbaiki sungai di daerah yang dilanda banjir, tetapi manusia harus juga menangani daerah hulu sungai yang mungkin saja hutan di daerah tersebut telah rusak. Jadi, di daerah hulu dan hilir sungai memiliki hubungan interaksi yang logis.
  • Pendekatan Wilayah: Merupakan kombinasi antara pendekatan keruangan dengan pendekatan lingkungan. Interaksi antar wilayah akan berkembang karena pada hakikatnya, suatu wilayah itu memiliki unsur yang berbeda dengan wilayah lain, contohnya: wilayah yang memiliki kekurangan bahan pangan akan meminta pada wilayah lain yang memiliki kelebihan bahan pangan. Sebaliknya, wilayah yang memiliki kekurangan bahan pangan tetapi memiliki kelebihan bahan sandang, peralatan rumah tangga antara suatu wilayah tersebut akan saling menukar barang yang dimilikinya.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar