2

Mari Belajar Exclamation! (0)

FitriyaniElHasan December 24, 2020

Bismillah..

Pastilah semua bapak dan ibu guraru sudah pernah membuat suatu kalimat (entah itu dalam bahas indonesia atupun dibahasa lainnya). Pelajaran membuat suatu kalimat sewaktu di tingkat Sekolah Dasar, kita mendalaminya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kita memulai dari kalimat yang paling sederhana sampai dengan kalimat yang menggunkan banyak unsure. Kalimat yang sederhana kita mengenalnya dengan pola “Subjek + predikat + objek”.

Dalam Bahasa Inggris kita jua mempelajari hal yang sama dengan istilah yang berbeda (pastinya). Kali ini saya tidak akan membahas tentang pola SPO dalam Bahasa Inggris, namun tentang exclamation. Apa itu??

Exclamation Sentences atau kalimat seru, merupakan salah satu jenis kalimat yang digunakan untuk menyatakan perasaan seseorang tentang sesuatu secara spontan kemungkinan karena heran, kagum, terkejut, sedih atau lain sebgainya dengan bernada menekan. Kalimat jenis ini biasanya menggunakan tanda baca seru (!) diakhir kalimat tertulis. Berikut ini beberapa kata yang sering diucapkan akan sebuah kekaguman, keterkejutan dan lain sebagainya.

Berikut adalah tabel contoh yang pernah saya buat untuk peserta didik saya. Ini adalah kata seru yang sering kali digunakan dalam Bahasa Inggris. tentunya masih banyak lagi. Monggo disimak 🙂

Exclamation (kata seru)

That’s it! / that’s all!Itu saja, hanya itu!
Bottom’s up! / cheer!Hebat! bagus!
Of course! Sure!Tentu saja!
Let’s go!Ayo kita pergi!
Just do it!Lakukan saja!
What a shame (pity)!Memalukan sekali! Sayang sekali!
Wish me luck!Doakan aku sukses!
Good luck!Semoga sukses!
That’s awsome!Menakjubkan sekali!

Ada juga pola kalimat seru ini yang bisa kita pakai selain kalimat instan seperti diatas. Pertama yaitu pola dengan kata What a ang mempunyai arti dasar dalam bahasa Indonesia adalah “apakah”, namun apabila kata “what” digunakan dalam jenis Exclamation Sentences atau kalimat seru, mempunyai arti yang berbeda dengan arti aslinya, yaitu berarti “alangkah atau betapa”. Ini hanya bersamaan dengan noun (kata benda) atau noun phrase (ungkapan kata benda) yang berbentuk tunggal (singular) dan dapat dihitung (countable nouncontohnya: What a beautiful flower it is ! yang artinya alangkah cantik/indahnya bunga ini. Atau contoh lain What a nice day is it! artinya betapa enaknya hari ini!.

Kedua What yang dgunakan digunakan dengan noun(kata benda) atau noun phrase (ungkapan kata benda) yang plural (bentuk jamak) atau uncountable noun (kata benda tidak bisa dihitung). Contohnya seperti pada kalimat What diligent students ! yang memiliki arti alangkah rajinnya murid-murid itu!.

Ketiga kita bisa menggunakan dengan kata How. “how” yang mempunyai arti dasar dalam bahasa Indonesia adalah “bagaimana”, namun apabila kata “how” digunakan dalam jenis Exclamation atau kalimat seru maka rumusnya How + Adjective/ Adverb + Subject + Verb = Betapa atau langkah.

Seperti pada contoh berikut ini ya:

  • How lucky you are! (Betapa beruntungnya kamu!)
  • How perfect the cake is (Betapa sempurnanya kuanya!)
  • How Far he works! (Alangkah jauhnya dia(laki-laki) bekerja!)
  • How simple it is! (Betapa sederhananya itu!)

Alhamdulillah usai sudah materi Exclamation hari ini. Semoga mudah dpahami ya. Monggo dipraktekkan dalam speaking ability. Selamat mencoba!

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar